Sabtu,(17/10/2020). Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani menghadiri Acara Pelantikan, Seminar, Mukerwil DPW Persatuan Umat Islam yang bertempat di Gedung Diklat BLPP Sumut Jl. A.H. Nasution Medan Johor. turut serta hadir Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi, mewakili Kapolda Sumatera Utara, mewakili Pangdam I Bukit Barisan, mewakili Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Ketua Umum Ormas Islam Sumatera Utara, Ketua Umum DPW PUI Sumatera Utara Dr. Shakira Zandi M.Si, Ketua U

Ketua Umum DPW PUI Sumatera Utara Dr. Shakira Zandi M.Si menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Gubernur Sumut dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, jajaran pemerintahan Provinsi Sumatera Utara serta para Tuan Guru, tokoh agama, ustadz dan ulama yang telah hadir dalam acara Pelantikan, Seminar, Mukerwil DPW PUI Sumatera Utara.

Dalam Acara tersebut Dr. Shakira Zandi M.Si menjelaskan bahwa PUI adalah fusi dari dua organisasi Islam yang telah berdiri yaitu Persatuan Umat Islam Indonesia (PUII) yang didirikan di Sukabumi oleh KH. Ahmad Sanusi pada tahun 1931 dan Perikatan Ummat Islam (yang berasal dari Perikatan Ulama) yang didirikan oleh HM. Abdul Halim di Majalengka pada tahun 1917. Gerakan Persatuan Umat Islam (PUI) ini bertujuan melaksanakan Syariat Islamiyah Ahli Sunnah wal Jamaah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang di ridhoi Allah SWT. Beliau menyampaikan lebih kurang 4000 sekolah madrasah termasuk itu perguruan tinggi yang telah berkembang dan dikukuhkan oleh PUI. Beliau juga mempersiapkan ada 7 Kabupaten/Kota yang akan diberikan mandat untuk mengembangkan PUI di Sumatera Utara. Harapan Beliau semoga Organisasi PUI dapat berkembang di seluruh Indonesia termasuk itu wilayah di Sumatera Utara serta juga dapat bersinergi dengan ormas-ormas Islam dalam berupaya dan bersaing untuk peningkatan pendidikan keagaman serta meningkatkan pembinaan kehidupan pendidikan, dan pembangunan nilai-nilai luhur kebangsaan.

Ketua Umum DPP PUI KH. Nurhasan Zaidi S.Sos mengucapkan terima kasih kepada Segenap Unsur Masyarakat yang telah hadir dalam acara Pelantikan, Seminar, Mukerwil DPW PUI Sumatera Utara. Beliau menyampaikan Organasi PUI lahir dan besar di Jawa Barat dimulai dari Majalengka dan Sukabumi yang kemudian menyebar ke provinsi-provinsi lainnya. Dijelaskan, Langkah perguruan PUI ini dalam memberikan sumbangsih pencerdasan anak bangsa sangatlah besar. Untuk itu, PUI terus bersikap Fastabiqul Khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan. Beliau menegaskan mari kita ciptakan SDM yang berkualitas melalui peningkatkan kegiatan organisasi di bidang dakwah, pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat dengan berorientasi keummatan serta berjuang dalam membentuk Komunitas Islam yang unggul, mandiri dan bermartabat agar semakin tertatanya organisasi Islam modern dengan program kerja yang lebih produktif.

Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi acara Pelantikan, Seminar, Mukerwil DPW Persatuan Umat Islam. Gubernur Sumatera Utara menilai Organisasi PUI ini diyakini dapat memberi nilai tambah dalam mendorong dan memotivasi gerak pembangunan secara menyeluruh dalam mengapresiasi terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas pada tataran beriman, berilmu, dan berakhlaqul karimah.

Diakhir acara Pelantikan, Seminar, Mukerwil DPW Persatuan Umat Islam Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara bersama-sama dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara di ikuti Ketua DPW dan DPP  PUI dan para Tuan Guru, tokoh agama, ustadz dan ulama melakukan foto bersama.