DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Aliansi MAPALASU dan Masyarakat Peduli Lingkungan

Posted May 30, 2016
Written by user
UNJUK RASA Aliansi MAPALASU dan Masyarakat Peduli Lingkungan

Delegasi Aliansi MAPALASU dan Masyarakat Peduli Lingkungan dengan jumlah massa sebanyak 30 (Tiga Puluh) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Kamis, tanggal 26 Mei 2016. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh H. Syah Afandin, SH dan H. Wagirin Arman, S.Sos.
 
Delegasi Aliansi MAPALASU dan Masyarakat Peduli Lingkungan menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 6 (Enam) point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikapsebagai berikut:
 
1.      Tutup kawasan air tejun Dwi Warna dan kembalikan fungsi hutan konservasi Sibolangit .
2.      Tangkap pengelola yang telah melakukan pungutan retribusi masuk di kawasan air terjun Dwi Warna (Kawasan hutan konservasi Sibolangit) yakni Imanuel Sinuraya alias Nuel, Herman Naibaho (2 orang ini apabila pengunjung tidak mau membayar retribusi, sering mengancam menggunakan parang kepada pengunjung).
3.      Telusuri aliran dana retribusi liar, yang diduga mengalir ke Camat Sibolangit, Kapolsek Pancur Batu, Dinas Pariwisata Deliserdang, serta UPT TAHURA; yang diberikan oleh oknum mengatasnamakan  pengelola yakni Imanuel Sinuraya alias Noel dan Herman Naibaho.
4.      Copot Camat Sibolangit, Kapolsek Pancur Batu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, Kepala UPT Tahura dan Kades Kehutanan Sumut..
5.      Pihak oknum yang memungut retribusi masuk yakni Noel dan Hendra Naibaho, harus segera mengeluarkan dana asuransi kepada para korban yang tewas dan selamat. Karena oknum tersebut melakukan pungutan retribusi.
6.      Bongkar bangunan-bangunan liar yang berdiri di daerah kawasan Hutan Konservasi Sibolangit.
 
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh H. Syah Afandin, SH dan H. Wagirin Arman, S.Sos. menyampaikan pendapat sebagai berikut :
-            Statement diterima dan akan diteruskan kepada Pl. Ketua DPRD Sumatera Utara untuk ditindak lanjuti oleh Komisi terkait (Komisi B).
-            Akan mengusulkan permasalahan ini ke Komisi B untuk dijadwalkan ke Banmus (Badan Musyawarah) untuk diadakan RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan pihak terkaitnya.