DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Aliansi FK-MPR (Forum Komunitas Masyarakat Pinggir Rel)

Posted September 16, 2016
Written by user
UNJUK RASA Aliansi FK-MPR (Forum Komunitas Masyarakat Pinggir Rel)

 
Delegasi Aliansi FK-MPR (Forum Komunitas Masyarakat Pinggir Rel) dengan jumlah massa sebanyak 400 (Empat Ratus) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Kamis, tanggal 15 September 2016. Sebagai perwakilan diterima berdialog/duduk bersama di Ruang Rapat Banmus sebanyak 24 (Dua Puluh Empat) orang (daftar hadir terlampir). Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh H.M. Hanafiah Harahap, SH.
 
 
Delegasi Aliansi FK-MPR (Forum Komunitas Masyarakat Pinggir Rel)  menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 11 (Sebelas) point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikapsebagai berikut:
 
1.      Batalkan penggusuran daerah sepanjang pinggir Rel yang dilakukan oleh PT. KAI tanpa adanya Relokasi untuk tempat tinggal yang layak dan manusiawi bagi seluruh rakyat terdampak dari rencana penggusuran itu.
2.      Memerintahkan Pemprop Sumut dan Pemko Medan untuk segera menyelesaikan Masalah Pinggiran Rel.
3.      Memberhentikan keterlibatan TNI, Polri, Satpol PP dan aparat terkait dalam proses penggusuran Masyarakat Pinggiran Rel.
4.      Stop kriminalisasi dan intimidasi terhadap rakyat yang memperjuangkan haknya.
5.      Memecat seluruh anggota TNI AU yang terlibat melakukan aksi penembakan dan pemukul terhadap masyarakat Sari Rejo beserta wartawan yang meliput.
6.      Jalankan Undang-Undang No II Tahun 1960 Tentang Bagi Hasil Secara Konsisten dan Konsekuen untuk mensejahterahkan kaum buruh.
7.      Jalankan Undang-Undang Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960 secara konsekuen dan konsisten.
8.      Segera mendistribusikan tanah untuk rakyat kecil demi menciptakan lahan pertanian.
9.      Wujudkan Pendidikan gratis, Ilmiah, Demokratis dan bervisi kerakyatan untuk seluruh rakyat Indonesia.
10. Berikan kesehatan gratis, modern dan berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia.
11. Nasionalisasi seluruh pertambangan dan perkebunan yang dikuasai oleh asing untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.
 
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh H.M. Hanafiah Harahap, SH. Menyampaikan pendapat sebagai berikut :
-       Statement diterima dan disampaikan kepada Pl. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk ditindak lanjuti sesuai dengan mekanisme oleh Komisi terkait (Komisi A).
-       Akan meminta Komisi A  untuk segera menjadwalkan ke Banmus (Badan Musyawarah) untuk diadakan RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan mengundang Pihak-pihak terkait
-       Kepada FK-MPR untuk terus melakukan konsolidasi dan fokus jangan sampai terprovokasi.
 Statement telah difaxkan ke Presiden RI, DPR-RI, Sekretariat Negara RI dan Kementerian BUMN.