DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Aliansi SBSI (Serikat Buruh Sejahtera Indonesia)

Posted October 18, 2016
Written by user
UNJUK RASA Aliansi SBSI (Serikat Buruh Sejahtera Indonesia)

Delegasi Aliansi SBSI (Serikat Buruh Sejahtera Indonesia) dengan jumlah massa sebanyak 2000 (Dua Ribu) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Senin, tanggal 17 Oktober 2016. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Eveready Sitorus.
 
Delegasi Aliansi SBSI (Serikat Buruh Sejahtera Indonesia)  menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 5 (Lima point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikapsebagai berikut:
 
1.      Mengundang Gubernur Sumatera Utara untuk mengklarifikasi Penugasan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Bukit Tambunan) menjabat sebagai PLT Bupati Tapanuli Tangah dan merekomendasikan untuk di cabut/ batalkan penugasan PLT tersebut.
2.      Memanggil Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Utara untuk memaparkan rencana dan tahapan penetapan UMK Sumatera Utara 2017
3.      Melakukan pengawasan atas penetapan UMP 2017
4.      Memanggil Pimpinan Perusahaan-perusahaan yang melakukan pelanggaran hak-hak buruh dan pelanggaran peraturan ketenagakerjaan khususnya yang sudah lama dip roses di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Utara yang hingga sekarang belum ada tindakan hukum dilakukan.
5.      Membuat Team bersama (DPRD, Pemerintah, Serikat Buruh/Pekerja , Pengusaha) untuk melakukan pengawasan pelanggaran peraturan ketenagakerjaan di Sumatera Utara
 
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Eveready Sitorus. Menyampaikan pendapat sebagai berikut :
-       Statement diterima dan disampaikan kepada Pl. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk ditindak lanjuti sesuai dengan mekanisme oleh Komisi terkait (Komisi E).
-       Akan menindaklanjuti dan memanggil Kadisnaker Provsu, Buruh dan meminta keterangan
-       Komisi E akan menjadwalkan Banmus untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan mengundang Pelindo Belawan, PT. Medisafe Technology, PLN Sibolga, dan SBSI serta pihak-pihak terkait lainnya.
-       Komisi E meminta untuk melengkapi data-data dan dokumen yang lengkap untuk dapat ditindak lanjuti.