DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Forum SOLIDARITAS ANGKUTAN TRANSPORTASI UMUM (SATU)

Posted March 20, 2017
Written by user
UNJUK RASA Forum SOLIDARITAS ANGKUTAN TRANSPORTASI UMUM (SATU)

 
Delegasi oleh Forum Keadilan Sumatera Utara dengan jumlah massa sebanyak 1500 (Seribu Ribu Lima Ratus) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Senin, tanggal 20 Maret 2017. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Drs. Baskami Ginting, Ir. Ramses Simbolon ,M.Sc, H.M. Hanafiah Harahap ,SH.

 
Delegasi Forum Solidaritas Angkutan Transportasi Umum (Satu) menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 8 (Delapan) point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikapsebagai berikut:
  1. Hentikan dan tutup operasional angkutan umum berbasis online dan Taxi Gelap sekarang juga.
  2. bebaskan rekan kami (Dedi Alfonso Sirait, Hendra Saragih, Resiman Zega) yang masih ditahan Polsek Medan Baru.
  3. Berikan kebebasan seluas-luasnya untuk operasional becak bermotor, angkot tanpa adanya larangan masuk ke wilayah/daerah tertentu (Imam Bonjol, Sudirman, Pelabuhan, Bandara, Hotel, dsbnya).
  4. Permudah dalam pengurusan Speksi/STNK/BK, dsbnya terhadap Becak bermotor.
  5. Hentikan diskriminasi terhadap abang becak, supir angkot dan rakyat miskin lainnya.
  6. Berikan jaminan sosial yang layak kepada keluarga (anak dan istri) abang becak, supir angkot, supir taxi agar sejahtera.
  7. Jaga kesehatan Becak bermotor yang sudah punya legitimasi dari Walikota Medan pada tahun 2004 dan diterapkan menjadi Icon Wisata Kota Medan.
  8. Bubarkan dan tinggalkan asosiasi pengusaha becak dan organisasi becak yang tidak memikirkan kesejahteraan driver becak.
 
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Drs. Baskami Ginting, Ir. Ramses Simbolon ,M.Sc, H.M. Hanafiah Harahap ,SH menyampaikan pendapat sebagai berikut :
  • Statement diterima dan akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk di tindak lanjuti oleh Komisi terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Mengapresiasi kedatangan dari SATU (Solidaritas Angkutan Transportasi Umum) yang datang ke Kantor DPRD-SU.
  • Meminta kepada Solidaritas Angkutan Transportasi Umum untuk memberikan nama-nama perwakilan yang akan diundang untuk RDP (Rapat Dengar Pendapat)
Akan dijadwalkan di Banmus untuk diadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Gabungan Komisi A dengan Komisi D dengan mengundang Dinas Perhubungan, Kominfo, Polrestabes, Perwakilan Solidaritas Angkutan Transporatasi Umum, PBHI dan LBH serta pihak-pihak terkait lainnya