DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA SERIKAT PETANI INDOENSIA (SPI SUMUT)

Posted April 3, 2017
Written by user
UNJUK RASA SERIKAT PETANI INDOENSIA (SPI SUMUT)

 
Unjukrasa Serikat Petani Indoensia (SPI SUMUT) dengan jumlah massa sebanyak 150 (Seratus Lima Puluh) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Senin, tanggal 03 April 2017. Sebagai perwakilan diterima berdialog/ duduk bersama di Ruang Komisi A sebanyak 11 (Sebelas) orang Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Ir. Ramses Simbolon, M.Sc dan Brilian Moktar, SE, MM.

Unjukrasa Serikat Petani Indoensia (SPI SUMUT) menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 5 (Lima) point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
 
  1. Hentikan kekerasan dan penggusuran terhadap Petani Mekar Jaya.
  2. Tindak tegas PT. LNK yang menghancurkan rumah Petani mekar Jaya.
  3. Ganti rugi atas tanaman dan rumah petani yang digusur PT. LNK.
  4. Berikan kepada kepastian atas penguasaan lahan petani Mekar Jaya berdasarkan kebijakan Reforma Agraria Presiden RI.
  5. Hentikan dan tinjau ulang KSO PT. LNK dengan PTPN II.
 
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Ir. Ramses Simbolon, M.Sc dan Brilian Moktar, SE, MM menyampaikan pendapat sebagai berikut :
  • Statement diterima dan akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk di tindak lanjuti oleh Komisi terkait sesuai dengan mekanisme yang ada.
  • Akan dijadwalkan di Banmus untuk diadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A dengan mengundang SPI Sumut, Kapolda, Polres Langkat, Pemkab langkat dan pihak-pihak terkait lainnya
  • Meminta kepada SPI Sumut untuk membuat laporan pengaduan pengerusakan ke Polres Langkat disertai bukti-bukti serta fakta-fakta yang akurat.
  • Pimpinan Dewan meminta Kapolda untuk memberikan kenyamanan dan ketertiban kepada Petani Mekar Jaya yang terkena penggusuran yang dilakukan oleh PT. LNK