DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

RAPAT DENGAR PENDAPAT KOMISI E BERSAMA KAPOLDASU, KEJATISU, INSPEKTORAT PROVSU DAN DINAS PENDIDIKAN

Posted May 2, 2017
Written by user
Category Umum
RAPAT DENGAR PENDAPAT KOMISI E BERSAMA KAPOLDASU, KEJATISU, INSPEKTORAT PROVSU DAN DINAS PENDIDIKAN PROVSU

Selasa, 2 Mei 2017 Komisi E DPRD-SU mengadakan Rapat Dengar Pendapat bersama Kapoldasu, Kejatisu, Inspektorat Provsu Dan Dinas Pendidikan Provsu di ruangan rapat Komisi E DPRD-SU.
Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi E (Sri Kumala, SE, MM)  di dampingi oleh Sekretaris Komisi E (Ahmadan Harahap, S.Ag, MSP) beserta anggota Komisi E DPRD-SU bersama perwakilan dari Kapoldasu, Kejatisu, Inspektorat Provsu Dan Dinas Pendidikan Provsu.

 

Rapat tersebut membahas permasalahan Perubahan kewenangan pengelolahan pendidikan menengah, pembahasan komite sekolah, pembahasan operasional sekolah dan pembahasan saber pungli.
Dalam hal ini banyaknya laporan dari masyarakat maupun dari hasil kunjungan kerja Komisi E ke Kabupaten Asahan, Kabupaten Batu Bara, kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Langkat, Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun yaitu kekurangan pembiayaan khususnya untuk membayar gaji Guru Honor yang mengajar di SMA Negeri dan SMK Negeri yang jumlahnya kurang lebih 813 orang Guru honor ini sudah 3 bulan lebih tidak memperoleh gaji selama ini ada yang dibayarkan melalui APBD Kab/ Kota dan ada melalui Komite Sekolah dan kalau ini tidak ditangani dengan bijak akan berdampak kepada proses belajar mengajar.


Komite Sekolah tidak diperkenankan lagi untuk melakukan pengutipan dana terhadap peserta didik. Hal yang lain mempengaruhi pihak sekolah adalah adanya Saber Pungli yang menyebabkan pihak sekolah berada dipersimpangan jalan diadakan pengutipan nabrak aturan dan kena saber pungli kalau tidak diadakan pengutipan gaji honor tidak terbayar dan menimbulkan keresahan terhadap Guru Honor.
Komisi E DPRD-SU terus mengawal kesejahteraan guru akan mengundang Kejatisu dan Polda Sumut untuk menyampaikan laporan terkait praktik pungli dan sumbangan Komite untuk pembayaran gaji guru.