DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA

Posted May 22, 2017
Written by user
UNJUK RASA GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA

 
Delegasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia dengan jumlah massa sebanyak 100 (Seratus) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Senin, tanggal 22 Mei 2017 sebagai perwakilan diterima berdialog dan menyampaikan aspirasi kepada Tim Penerima Aspirasi di Ruang Rapat Banmus sebanyak 8 (Delapan) orang. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Sutrisno pangaribuan, ST.
 
Delegasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 12 (Dua Belas) point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikapsebagai berikut :
-          Tegakkan UU-PA No.5 Tahun 1960
-          Cabut UU-PMA No.1 Tahun 1967 dan Revisi UU-Penanaman Modal No.25 Tahun 2007 yang tidak Mensejahtrakan Rakyat
-          Nasionalisasikan Aset-Aset Asing di Indonesia yang banyak merugikan Negara.
-          Hapuskan Sistem KERJA Outsourcing yang tidak mensejahtrakan buruh dan Tolak UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.
-          Tetapkan Pancasila 1 Juni 1945 Menjadi Kurikulum Pendidikan Formal.
-          Cabut UU-PT No. 12 Tahun 2012 dan Permenristek DIKTI No.14 Tahun 2015 Tentang SNPT yang didalam Undang-Undang tersebut membenarkan praktek Kapitalisasi  dam Komersialisasi Pendidikan.
-          Hentikan Pendidikan Refresifitas terhadap Gerakan-Gerakan Mahasiswa.
-          Hentikan Tindakan Pencitraan Mengatasnamakan PANCASILA.
-          Wujudkan Kedaulatan Pangan
-          Kembalikan Tanah Masyarakat Sari Rejo, Tanah Masyarakat Kec. Wampu Langkat dan Selesaikan Konflik-Konflik Agraria di Sumatra Utara.
-          Usut Tuntas Kasus Korupsi di Sumatra Utara, Hingga Ke akar-akarnya.
-          Deligasi juga menyampaikan pernyataan lisan sebagai mana sebagai berikut kembalikan demokratisasi kampus

                                  
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Sutrisno pangaribuan, ST menyampaikan pendapat sebagai berikut :
-       Statement diterima dan akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk di tindak lanjuti oleh Komisi terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.
-       Mengapresiasi kedatangan dari GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Sumatera Utara yang datang ke Kantor DPRD-SU.
-       Konflik yang terjadi akibat masalah tanah yang belum tuntas di Sumatera Utara akan ditindak lanjuti
-       Masalah-masalah yang menyengsarakan masyarakat seperti hak-hak normatife oleh komisi terkait sesuai dengan mekanisme/peraturan yang ada diDPRD SU buruh yang belum terpenuhi sebagaimana mestinya yang akan ditindak lanjuti oleh komisi E
Meminta kepada GMNI untuk menyampaikan surat resmi dan data-data yang lebih akurat tentang pemecatan mahasiswa, agar Komisi terkait atau Komisi E dapat menindak lanjuti dengan mengadakan (RDP)