DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Solidaritas Mahasiswa

Posted May 8, 2017
Written by user
UNJUK RASA Solidaritas Mahasiswa

 
Delegasi Solidaritas Mahasiswa dengan jumlah massa sebanyak 19 (Sembilan Belas) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Senin, tanggal 08 Mei 2017. Sebagai perwakilan diterima berdialog dan menyampaikan aspirasi kepada Tim Penerima Aspirasi di Ruang Rapat Komisi A DPRD-SU sebanyak 19 (Sembilan Belas) orang.  Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh FL. Fernando Simanjuntak, SH, MH, H. Syamsul Qodri Marpaung, Lc, Sarma Hutajulu, SH, H.M. Hanafiah Harahap, SH, Fanatona Waruwu.
 

Delegasi Solidaritas Mahasiswa  menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 4 (Empat) point bagaimana tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
 
-         Bebaskan 6 Orang yang ditangkap aparat kepolisian
-         Mengecam tindakan kepolisian yang melakukan represifitas dan penangkapan terhadap mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa !
-         Mengecam tindakan Kepolisian yang melakukan penggrebekan di Sekretariat Formadas !
-         Berikan hak kepada para tahanan untuk didampingi oleh kuasa hukum
 


 
 
Delegasi juga menyampaikan pernyataan lisan sebagai berikut :
-       Meminta DPRD-SU khususnya Komisi A untuk dapat memfasilitasi Solidaritas Mahasiswa untuk bertemu dengan Polrestabes
 
Untuk menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh FL. Fernando Simanjuntak, SH, MH, H. Syamsul Qodri Marpaung, Lc, Sarma Hutajulu, SH, H.M. Hanafiah Harahap, SH, Fanatona Waruwu menyampaikan pendapat sebagai berikut :
-      Statement diterima dan akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk di tindak lanjuti oleh Komisi terkait sesuai dengan mekanisme.
-      Komisi A  langsung meninjau ke Polrestabes dan diterima oleh Tatan Dirsan Atmaja, S.IK (Wakapolrestabes), Febriansyah, S.IK (Kasat Reskrim), B. Simarmata (KBO Reskrim), Elysa S.M Simaremare, S.IK ( PANIT Ranmor), B. Siallagan, SH (KST Intelkom), AKP. Wira Prayatna, SH, S.IK dan Ranto Sibarani (Staf Ahli Komisi A)
 

 
-       Tatan Dirsan Atmaja, S.IK (Wakapolrestabes) menanggapi :
v  Bahwa kami tidak mengangkangi demokrasi, kami berusaha untuk menenangkan dan kami cukup persuasive kepada masyarakat
v  Kami menindak Mahasiswa karena adanya melawan hukum, dan sudah melebihi batas waktu dalam berunjuk rasa
v  Mengenai proses Lawyer, Lawyer tersebut harus berkordinasi dengan Kepolisian dan para tahanan
v  Tindak lanjut ini akan saya sampaikan ke Kapolrestabes dan akan terus berkordinasi
v  Saya berharap kepada mahasiswa untuk menegembalikan borgol yang hilang dari Bripka Hendry J karena takut disalahgunakan.
-       Febriansyah, S.IK ( Kasat Reskrim) menanggapi :
v  Kami menahan kepada 4 tersangka karena sudah duduk pada persoalannya dan terbukti menganiaya Bripka Hendry J dan dipenuhi dengan adanya unsur alat bukti
v  Kami melakukan penggeledahan tersebut karena adanya barang-barang yang hilang milik Bripka Hendry J yaitu berupa : borgol, ATM, KTA, Handphone 2 unit, uang ± Rp. 200.000 dan tas ransel merk tiger
v  Terkait masalah BAP, kami juga mempunyai kewenangan untuk melakukan pengembangan-pengembangan, salinan tersebut masih proses penyidikan jadi tidak bisa kami berikan.
v   Terkait susahnya akses lawyer 4 tersangka ini agak janggal, kami memberikan kesempatan kepada para tersangka namun para tersangka mengatakan tidak akan menggunakan pengacara.