DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUKRASA MASYARAKAT SIBAYAK LAU CIH DESA NAMO BINTANG KEC. PANCUR BATU KAB. DELI SERDANG

Posted July 20, 2017
Written by user
 
UNJUKRASA MASYARAKAT SIBAYAK LAU CIH DESA NAMO BINTANG
KEC. PANCUR BATU KAB. DELI SERDANG


 
Delegasi Masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang dengan jumlah massa sebanyak 100 (Seratus) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Kamis, tanggal 20 Juli 2017. Perwakilan yang diterima berdialog dan menyampaikan aspirasi kepada Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara didampingi oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD-SU di Ruang Rapat Pimpinan sebanyak 50 (Lima Puluh) orang Delegasi diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh H. Wagirin Arman, S.Sos (Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara), Ruben Tarigan, SE (Wakil Ketua DPRD-SU), H. Syamsul Qodri Marpaung, Lc (Wakil Ketua Komisi A) dan Darmawansyah Sembiring, SE (Anggota Komisi D).

 
Delegasi Masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang menyampaikan 4 (Empat) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
 
  1. Kami masyarakat Sibayak Laucih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang melalui Ketua DPRD-SU meminta salinan isi notulen Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan pada tanggal 13 Juli 2017 oleh Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (sudah diserahkan kepada Masyarakat Sibayak lau Cih Desa Namo Bintang dalam rapat tersebut).
  2. Memohon kepada DPRD SU untuk melakukan tindakan politis untuk hadir bersama kami dilahan tersebut agar PTPN II dapat menghentikan aktifitasnya dilahan tersebut.
  3. Meminta Kepada Kapolda untuk melepaskan 5 (lima) Mahasiswa dan 1 (satu) orang Masyarakat yang ditahan di Polresta Medan.
  4. Sangat menyayangkan tindakan dari pihak TNI dan Polri melakukan penggusuran karena belum adanya keputusan hukum dari Pengadilan Negeri dan kami belum mengetahui dasar hukumnya untuk melakukan Eksekusi di lahan Masyarakat Sibayak Lau Cih tersebut;.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  H. Wagirin Arman, S.Sos (Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara), Ruben Tarigan, SE (Wakil Ketua DPRD-SU), H. Syamsul Qodri Marpaung, Lc (Wakil Ketua Komisi A) dan Darmawansyah Sembiring, SE (Anggota Komisi D) menyampaikan pendapat sebagai berikut :
  • Mengapresiasi kedatangan Masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang yang telah menyampaikan aspirasinya.
  • DPRD Provinsi Sumatera Utara melalui Komisi A untuk menyurati PTPN II, Kapolda dan TNI untuk tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis kepada masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang.
  • DPRD Provinsi Sumatera Utara akan melakukan Rapat Kerja dengan Gubernur, PTPN II, BPN Provinsi Sumatera Utara, Kapolda dan Perwakilan Masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang dan pihak terkait lainnya.
  • Meminta kepada Pemerintah Daerah/ Gubernur mengambil langkah-langkah konkrit agar dapat melakukan tindakan yang sesuai dengan fungsi dan wewenangnya untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada masyarakat Sumatera Utara
  • Diminta Kepada Komisi A DPRD SU untuk mengundang Rapat Lanjutan kepada PTPN II, Kapolda, TNI, BPN Provsu, BPN Kab. Deli Serdang, Bupati Deli Serdang, Pemprovsu bersamaan Instansi terkait lainnya serta Perwakilan Masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang dan LBH KI. Pimpinan DPRD-SU dapat mengawal Rapat dimaksud agar permasalahan tanah Masyarakat Sibayak Lau Cih Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang dapat diselesaikan dengan segera.
‚Äč