DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUKRASA Aliansi Masyarakat Untuk Kemanusiaan (Etnis Rohingya) Delegasi Aliansi Masyarakat Untuk K

Posted August 30, 2017
Written by user
UNJUKRASA Aliansi Masyarakat Untuk Kemanusiaan (Etnis Rohingya)
 
Delegasi Aliansi Masyarakat Untuk Kemanusiaan (Etnis Rohingya) dengan jumlah massa 100 (Seratus) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Rabu, tanggal 30 Agustus 2017. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh H. Ikrimah Hamidy, ST, M.Si, H.M. Nezar Djoeli, ST dan Basyir, A.Md, SE.
 
Delegasi Aliansi Masyarakat Untuk Kemanusiaan (Etnis Rohingya) menyampaikan 5 (Lima) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
 
1.      Mengutuk keras kejahatan kemanusiaan pelanggaran berat Hak Asasi Manusia (Genocida) yang dilakukan oleh tentara/pemerintah Myanmar terhadap Etnis Rohingya ;
2.      Meminta kepada Pemerintah Indonesia agar menyampaikan keberatan/ teguran keras kepada Pemerintah Myanmar atas kejahatan-kejahatan kemanusiaan/ pelanggaran berat hak Asasi Manusia (Genocida) dilakukan oleh tentara Myanmar terhadap Etnis Rohingya;
3.      Mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan seluruh masyarakat Internasional untuk menghentikan segala bentuk kejahatan kemanusiaan/ pelanggaran berat Hak Asasi Manusia (Genocida) dilakukan oleh tentara Myanmar terhadap Etnis Rohingya;
4.      Mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menangkap pemimpin Myanmar dan mengadilinya di Mahkamah kejahatan Internasional karena melakukan kejahatan kemanusiaan (Genocida)
5.      Meminta kepada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), United Nation High Comisioner For Refugees (UNHCR) untuk dapat memproses dengan baik pengungsi Rohingya dan kemudian menempatkan ke Negara ketiga, agar pengungsi Etnis Rohingya dapat hidup normal sebagaimana layaknya
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  H. Ikrimah Hamidy, ST, M.Si, H.M. Nezar Djoeli, ST dan Basyir, A.Md, SE menyampaikan pendapat sebagai berikut:
-       Mengapresiasi kedatangan dari Aliansi Masyarakat Untuk Kemanusiaan (Etnis Rohingya) dan Aspirasi akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk ditindak lanjuti oleh Komisi E sesuai dengan peraturan yang berlaku.
-       Turut prihatin dan berduka cita kepada Etnis Rohingya atas kejadian yang menimpa mereka di Myanmar dan menyayangkan sikap Pemerintah Myanmar yang tidak mau menerima perbedaan Agama, Ras dan Warna Kulit dan mengutuk tindakan yang dilakukan terhadap Etnis Rohingya.
-       Masalah ini merupakan kewenangan Pemerintah Pusat, DPRD-SU akan meneruskan dan mendesak Menteri Dalam Negeri cepat atau lambat menjadi bagian kebijakan Pemerintah Indonesia.
Statement ini akan difaxkan ke Presiden RI, Menteri Dalam Negeri dan DPR-RI