DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

RAPAT KOMISI A DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA DENGAN ASISTEN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN SEKDAPROVSU, PO

Posted September 13, 2017
Written by user
Category Umum
RAPAT KOMISI A DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA DENGAN ASISTEN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN SEKDAPROVSU, POLDASU, BUPATI DELI SERDANG, KODAM I BUKIT BARISAN, KANWIL BPN PROVSU, BPN KAB. DELI SERDANG, PTPN II, CAMAT PANCUR BATU, KEPALA DESA SIMALINGKAR A, KEPALA DESA NAMO BINTANG, WAHANA LINGKUNGAN HIDUP (WALIH) SUMATERA UTARA, KONTRAS SUMATERA UTARA, FORUM GERAKAN MAHASISWA DAN PEMUDA KARO (FORGAMMKA) DAN PERWAKILAN MASYARAKAT DUSUN III BEKALA DESA SIMALINGKAR A SERTA PERWAKILAN MASYARAKAT ULAYAT SIBAYAK LAU CHI DESA NAMO BINTANG KEC. PANCUR BATU KAB. DELI SERDANG

Rabu, 13 September 2017 Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Asisten Administrasi Pemerintahan Sekdaprovsu, Poldasu, Bupati Deli Serdang, Kodam I Bukit Barisan, Kanwil BPN Provsu, BPN Kab. Deli Serdang, PTPN II, Camat Pancur Batu, Kepala Desa Simalingkar A, Kepala Desa Namo Bintang, Wahana Lingkungan Hidup (WALIH) Sumatera Utara, Kontras Sumatera Utara, Forum Gerakan Mahasiswa Dan Pemuda Karo (FORGAMMKA) Dan Perwakilan Masyarakat Dusun III Bekala Desa Simalingkar A Serta Perwakilan Masyarakat Ulayat Sibayak Lau Chi Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang di ruangan Aula Gedung Baru DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Rapat yang di pimpin oleh oleh Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (F.L Fernando Simanjuntak, SH, MH) di dampingi Wakil Ketua Komisi A beserta Sekretaris dan anggota Komisi A dengan perwakilan dari Asisten Administrasi Pemerintahan Sekdaprovsu, Poldasu, Bupati Deli Serdang, Kodam I Bukit Barisan, Kanwil BPN Provsu, BPN Kab. Deli Serdang, PTPN II, Camat Pancur Batu, Kepala Desa Simalingkar A, Kepala Desa Namo Bintang, Wahana Lingkungan Hidup (WALIH) Sumatera Utara, Kontras Sumatera Utara, Forum Gerakan Mahasiswa Dan Pemuda Karo (FORGAMMKA) Dan Perwakilan Masyarakat Dusun III Bekala Desa Simalingkar A Serta Perwakilan Masyarakat Ulayat Sibayak Lau Chi Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang di ruangan Aula Gedung Baru DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Rapat tersebut Komisi A membahas permasalahan mengenai konflik sengketa lahan milik masyarakat Desa Simalingkar A dan Desa Namo Bintang Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang dengan PTPN II. Dan Hasil kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Sumatera ke Kementerian BUMN dan ke Kementerian HTR bahwa Kebun Simalingkar A adalah HGU aktif dri PTPN II.
Dalam hal ini Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara meminta kepada masyarakat untuk mengumpulkan bukti-bukti dan fakta-fakta berupa atas hak agar Komisi A dapat menindak lanjuti. Terdapat fakta bahwa tanah yang diklaim oleh masyarakat di Lau Chi Simalingkar A Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang masih termasuk HGU aktif PTPN II, sebagaimana tercatat dalam HGU No. 17 Tahun 2009.

Khusus kepada PTPN II Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara meminta kepada PTPN II agar tetap membuka diri dan berdialog dengan masyarakat untuk mendiskusikan persoalan ganti rugi atau pun tali asih terhadap bangunan dan tanaman masyarakat yang dirusak oleh PTPN II.
Dalam hal menyangkut proses peralihan HGU ke HGB di kebun bekala sesuai dengan fakta yang kami dapat di Kementerian masih dalam proses Kementerian HTR dan Kementerian BUMN oleh karenanya areal tersebut masih berstatus HGU.
Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara meminta kepada segala pihak untuk menjaga kondusifitas di lapangan sehingga tidak terjadi konflik dan pertikaian.