DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUKRASA Forum Masyarakat Peduli Keadilan

Posted September 19, 2017
Written by user
UNJUKRASA Forum Masyarakat Peduli Keadilan

 
Delegasi Forum Masyarakat Peduli Keadilan dengan jumlah massa 50 (Lima Puluh) orang melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD-SU pada Selasa, tanggal 19 September 2017. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Brilian Moktar, SE, MM (Anggota Komisi A) dan Darwin, S.Ag, MAP (Anggota Komisi A), Ir. Zahir, MAP (Ketua Komisi E).
 
Delegasi Forum Masyarakat Peduli Keadilan menyampaikan 6 (Enam) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
 
1.      Mendesak Ketua DPRD SU agar membuat surat kepada Menteri Agraria dan BPN RI untuk mencabut HGU yang dimiliki oleh PT. Lonsum.
2.      Meminta kepada Ketua DPRD-SU agar mengusulkan secara aktif kepada Unsur yang terkait untuk segera cabut ISSO 14001 yang diduga mengganggu laju perekonomian masyarakat di Batubara khususnya di desa 4 (empat) Negeri.
3.      Diduga PT. Lonsum menghilangkan Hak-hak masyarakat yang tertuang dengan PP No 40 tahun 1996.
4.      Mendesak Kapolres Batubara untuk segera menangkap oknum pihak keamanan PT. Lonsum yang diduga arogan terhadap masyarakat
5.      Cabut dan Bubarkan PT. Lonsum yang diduga keras telah menghina institusi DPRD-SU yang tidak mengindahkan untuk menghadiri RDP (Rapat Dengar Pendapat) pada tanggal 28 Agustus 2017 yang lalu.
6.      Memberi limit waktu 3 x 24 jam agar tuntutan kami direalisasikan, jika tidak diindahkan maka kami akan ciptakan mossi tidak percaya dan akan menurunkan massa yang lebih besar lagi.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  Brilian Moktar, SE, MM (Anggota Komisi A) dan Darwin, S.Ag, MAP (Anggota Komisi A), Ir. Zahir, MAP (Ketua Komisi E) menyampaikan pendapat sebagai berikut:
-       Mengapresiasi kedatangan Forum Masyarakat Peduli Keadilan dan Aspirasi akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk di tindak lanjuti oleh Komisi terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.
-       Permintaan Forum Masyarakat Peduli Keadilan sudah terpenuhi Karena pada hari ini PT. Lonsum telah hadir dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi B DPRD-SU di Aula Gedung Baru DPRD-SU. Jika hasil rapat tidak sesuai dengan keinginan Forum Masyarakat Peduli Keadilan maka Forum Masyarakat Peduli Keadilan boleh datang lagi ke kantor DPRD-SU dan DPRD-SU akan melakukan tindakan dengan mengundang Rapat Dengar Pendapat kepada PT. Lonsum sesuai dengan mekanisme/ peraturan yang berlaku.