DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KETUA DPRD SU MENDORONG PEMPROVSU UNTUK SEGERA MEMBENTUK RANPERDA PENYERTAAN MODAL PT. JAMKRIDA SU

Posted November 7, 2017
Written by user
Category Umum
KETUA DPRD SU MENDORONG PEMPROVSU UNTUK SEGERA MEMBENTUK RANPERDA PENYERTAAN MODAL PT. JAMKRIDA Provinsi SUMATERA UTARA


 
Selasa, (07/11/2017), Hal itu dikatakan Ketua DPRD SU H. Wagirin Arman, S.Sos ketika menerima Audiensi Otoritas Jasa Keuangan Kantor (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara diruang Kerja Ketua DPRD SU. Untuk meiningkatkan ekonomi masyarakat, Pemprovsu diharapkan segera membentuk Ranperda Penyertaan Modal untuk PT. Jaminan Kredit Daerah (JAMKRIDA) Provinsi Sumatera Utara. Namun penyertaan modal sendiri juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan Pemprovsu. Kedepan DPRD SU bersama-sama dengan intansi terkait akan membahas penyertaan modal, demi bergeraknya ekonomi Masyrakat dalam hal ini UMKM di Sumatera Utara.
 

Sebelumnya Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara Lukdir Gultom mengatakan Provinsi Sumatera Utara sudah memiliki Perda No 10 Tahun 2013 tentang Pembentukan PT Jaminan Kredit Daerah (JAMKRIDA) , namun sampai saat ini belum terbentuk, hal ini dikarenakan belum adanya Ranperda yang mengatur tentang Penyertaan Modal kepada PT. JAMKRIDA Sumatera Utara. Pembentukan JAMKRIDA sendiri bertujuan untuk meningkatkan pergerakan ekonomi Masyarakat dalam hal ini UMKM.
 

Dalam Perda tentang pembentukan PT. JAMKRIDA Sumatera Utara tersebut, sudah tercantum modal 200 Milyar Rupiah untuk membentuk Perseroan, namun apabila keuangan Daerah dalam hal ini Pemprovsu belum mencukupi bisa juga dengan dana minimal yaitu 50 Milyar Rupiah, dan selebihnya dapat dicicil oleh Pemprovsu setiap Tahun Anggaran sebesar 50 Milyar Rupiah sampai dengan 3 (tiga) Tahun berturut-turut, dimana sudah bisa membentuk PT JAMKRIDA serta dapat mengcover kredit Masyarakat 10 kali lipat.
 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Benny Miraldy, SE, MSP (Kabag Informasi dan Protokol), Evelyn Sitanggang, SE, MSP (Kasubbag Protokol dan Hubungan Antar Lembaga), Jajaran  Otoritas Jasa Keuangan Kantor (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Anton Purba, Wahyu Mardiansyah, Abdullah Fahmi Lubis, Mangihut P. Aritonang, dan Ardiaynsyah Wibowo.