DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Kunjungan Study Siswa Carnegie School Medan Ke DPRD Provinsi Sumatera Utara

Posted November 14, 2017
Written by user
Category Umum

Kunjungan Study Siswa Carnegie School Medan Ke DPRD Provinsi Sumatera Utara

 

Selasa, (14/11/17), Siswa SD/SMP Carnegie School Medan berkunjung ke DPRD SU, kunjungan dipimpin langsung Kepala Sekolah SD/SMP Stiven Widjaja didampingi para Guru Tulus Sirait (Ketua Panitia), Risky, Tang Bing Yi, Parwin, Hanna Ayu Pasaribu, Chandra Sinurat beserta seluruh Siswa/Siswi SD/SMP Carnegie School Medan.

 
 
 

Stiven Widjaja mengatakan bahwa kunjungan belajar Siswa SD/SMP Carnegie School Medan ke DPRD SU untuk mengetahui bagaimana struktur Pemerintah Daerah, khususnya di DPRD, “ini merupakan pelajaran di bidang Studi IPS dan PKN, dimana para Siswa/I ingin mengetahui langsung bagaimana struktur di DPRD Provinsi Sumatera Utara”.
Anggota Komisi E DPRD SU yang diwakili oleh Zulfikar, H.Iskandar Sinaga, Rinawati Sianturi, SH, Tiaisah Ritonga, SE, MM dan Sri Kumala, SE, MM mengatakan, menyambut baik kedatangan Siswa SD/SMP Carnegie School Medan ke DPRD SU sebagai pembelajaran untuk mengetahui Struktur Pemerintahan Daerah.

 
 

Dalam pertemuan tersebut, Jesika Siswa Carnegie School Medan mempertanyakan tindakan atau kegiatan apa saja yang dilakukan Anggota DPRD SU dalam meningkatkan pendapatan daerah Sumut ?
Menjawab pertanyaan siswa/siswi SD/SMP Carnegie School Medan ke DPRD SU, Anggota Komisi E DPRD SU, Zulfikar terlebih dahulu menjelaskan bahwa anggota DPRD itu dipilih oleh Rakyat melaui Pemilihan Umum Legislatif, jumlah  Anggota DPRD SU 100 orang dimana ada 5 Pimpinan yaitu Ketua dan 4 Wakil Ketua. 
Untuk Ketua dan Wakil Ketua DPRD itu dari Jumlah Kursi terbanyak. Tugas DPRD itu terdiri dari Membahas APBD bersama-sama dengan Pemerintah, Kemudian Legislasi yaitu membuat Peraturan Daerah dan yang ketiga melakukan Pengwasan, Seperti Rapat Kerja dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan melalukan kunjungan kerja ke Daerah. Setiap akhir tahun Anggota Dewan melakukan Rapat Kerja untuk menyusun apa saja kegiatan yang dilakukan Anggota Dewan selama setahun.

 
 

Selanjutnya mengenai tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah Sumut berada di bawah pengawasan Komisi C, dimana pendapatan daerah Sumut berasal dari pajak yang dapat berupa pajak kendaraan bermotor, pajak bumi dan bangunan, pajak rokok dan lain-lain.   
Selanjutnya Feliska Siswa SD Carneige School Medan mempertanyakan “apa bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Anggota DPRD SU dalam bidang Pendidikan terutama di Kota Medan ?”
Untuk menjawab pertanyaan tersebut Wakil Ketua Komisi E Sri Kumala Sari, SE MM menyatakan bahwa bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Anggota DPRD SU berupa program pemberiaan Beasiswa khususnya bagi Siswa/I yang kurang mampu di Sumut. Sehingga diharapkan semua anak-anak dapat Sekolah.