DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUKRASA Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (GEMA PALUTA)

Posted November 1, 2017
Written by user
UNJUKRASA Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (GEMA PALUTA)

 
Delegasi Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (GEMA PALUTA)dengan jumlah  massa 30 (Tiga Puluh) orang  melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada Rabu, tanggal 01 November 2017 sebagai perwakilan diterima berdialog/ duduk bersama di Ruang Rapat Komisi C sebanyak 6 (Enam) orang Delegasi diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD Provinsi  Sumatera Utara oleh H. Muchrid Nasution, SE dan Indra Alamsyah, SH.
 
Delegasi Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (GEMA PALUTA) 5 (lima) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
  1. Dari kasus Tersangka yang menjerat Drs. H. Bachrum Harahap yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua DPRD di Kabupaten Tapanuli Selatan yang merugikan keuangan Negara Rp. 7.500.000.000 (Tujuh Miliar Lima Ratus juta Rupiah) namun beliau dengan lihainya bisa lolos dari penegakan hukum tersebut. Tentunya ini menjadi citra yang buruk terhadap penegak hukum, timbul pertanyaan serius apakah Kejaksaan pada saat itu benar-benar serius menegakkan hukum dalam mengeluarkan surat tersangka pada Drs. Bachrum Harahap, apakah memang suatu kebetulan sewaktu Surat Pemberhentian Penyelidikan Perkara (SP3) yang menjabat Kejatisu wktu itu adalah Chairuman Harapan (sekampung dengan Bupati Paluta) atau hanya surat omong kosong saja sehingga ketika tidak cukup bukti maka di hentikan begitu saja.
  2. Tangkap dan penjarakan Drs. H. Bachrum Harahap dan Andar Amin Harahap terkait kedua kasus dugaan tindak pidana korupsi.
  3. Usut tuntas dana Bansos KNPI Kabupaten Padang Lawas Utara dari Tahun 2012-2014.
  4. Panggil dan periksa Ketua KNPI Kabupaten Padang Lawas Utara terkait dana Bansos karena diduga telah merugikan keuangan Negara ± Rp 1,8 Miliar.
  5. Meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Utara (DPRD-SU) supaya mendesak penegak hukum Kejatisu agar memproses unjuk rasa GEMA PALUTA yang sudah 24 kali melakukan unjuk rasa di Kejatisu yang sampai sekarang tidak ada itikad baik dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.
 
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  H. Muchrid Nasution, SE dan Indra Alamsyah, SH.  menyampaikan pendapat sebagai berikut:
  • Mengapresiasi kedatangan Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (GEMA PALUTA) dan Aspirasi akan disampaikan kepada Ketua DPRD-SU untuk di tindak lanjuti oleh Ketua/ Pimpinan maupun Komisi terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Merekomendasikan Komisi A untuk menjadwalkan di Banmus untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mengundang perwakilan Gerakan Mahasiswa Padang Lawas Utara (GEMA PALUTA), Kejatisu dan pihak-pihak terkait lainnya.
  • Hasil Orasi yang dilakukan GEMA PALUTA sebanyak 25 kali harap dilampirkan hasil orasi tersebut agar menjadi data-data dan informasi bagi kami untuk menjadi bahan Rapat Dengar pendapat tersebut