SELAMAT DAN SUKSES
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MTQ NASIONAL KE XXVII 04 - 13 OKTOBER 2018
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Kunjungan Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Kab. Asahan Ke DPRD SU

Posted February 27, 2018
Written by user
Category Umum
Kunjungan Badan Kehormatan Dewan  (BKD) DPRD Kab. Asahan Ke DPRD SU
 

 
Selasa, (27/02/2018). Badan Kehormatan DPRD Kab. Asahan melakukan Kunjungan ke DPRD Prov. Sumatera Utara, kunjungan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Asahan Ilham Harahap, S.Ag, didampingi Wakil Ketua DPRD Kab. Asahan Dahrun Hutagaol, SE, MM, Ketua BKD DPRD Asahan Baharuddin Harahap, SH, MM, Wakil Ketua BKD DPRD Asahan Yenni Manik, Anggota BKD DPRD Asahan Sri Irawati, S.Sos, Jalina Purba, Irwansyah Siagian, SE, MM dan diterima langsung oleh Ketua BKD DPRD Sumatera Utara H. Arifin Nainggolan, SH, MSi Anggota BKD DPRD SU H.M Hanafiah Harahap, SH serta Ir. Irwan Amin.
 
Anggota BKD DPRD Asahan Irwansyah Siagian, SE, MM mengatakan bahwa peran BKD sangatlah strategis, karena BKD merupakan lembaga penegak Etika Anggota Dewan, ketika melaksanakan Tugas terutama terkait laporan masyarakat, Badan Kehormatan banyak Kendala yang dihadapi terutama dalam Tata Beracara, Bagaimana mekanisme tata beracara di DPRD SU.


 

 
Ketua BKD DPRD Asahan Baharuddin Harahap, SH, MH mempertanyakan terkait izin Kunjungan kerja ke Luar Negeri yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD.
 
Sementara itu Wakil Ketua BKD DPRD Asahan Yenni Manik mempertanyakan  bagaimana cara mengoptimalisasi peran BKD terutama dalam disiplin kehadiran Anggota Dewan Dalam Rapat Paripurna.


 
 
Menjawab Pertanyaan Pimpinan dan Anggota (BKD) DPRD Asahan, Anggota BKD DPRD SU H.M Hanafiah Harahap, SH mengatakan bahwa di dalam Tata Tertib Peran BKD sangatlah strategis, didalam Tatib haruslah diatur mekanisme memproses PAW Anggota Dewan dimana haruslah berkekuatan Hukum tetap. Saya berharap agar BKD DPRD Asahan dapat mengevaluasi Tatib, apalagi setelah berubahnya  UU MD3. Terkait Kunjungan Kerja Pimpinan dan Anggota Dewan ke Luar Negeri, harus ada izin dari Kemendagri serta undangan resmi dari Negara yang akan dikunjungi. Saya mendorong dan berharap agar Pimpinan dan Anggota BKD dapt menjadi contoh bagi Anggota Dewan. Dalam Rapat Pimpinan DPRD, Pimpinan Komisi dan Pimpinan Fraksi tetap diingatkan kepada Pimpinan alat Kelengkapan dan Fraksi, agar menyampaikan kepada Anggota Dewan masing-masing tetap melakukan disiplin, khususnya dalam Rapat Paripurna, Rapat Dengar Pendapat dan Rapat Alat Kelengkapan Dewan.

Selain itu Ketua BKD harus mengevaluasi absensi kehadiran Rapat Dewan tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menegakkan disiplin atau sanksi kepada Pimpinan dan Anggota Dewan yang selalu Absen atau tidak menghadiri Rapat tanpa adanya alasan yang jelas.

Sementara itu Ketua BKD DPRD SU H. Arifin Nainggolan, SH, MSi, mengatakan bahwa Tata tertib di  DPRD SU sudah ada. Saya berharap agar semua Anggota BKD dapat memahami Tatib dan membuat trobosan baru yang tidak melanggar Tatib.