SELAMAT DAN SUKSES
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MTQ NASIONAL KE XXVII 04 - 13 OKTOBER 2018
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Kunjungan BKD (Badan Kehormatan Dewan) DPRD Kabupaten Batu Bara ke BKD DPRD Provinsi Sumatera Utara

Posted March 12, 2018
Written by user
Category Umum
Kunjungan BKD (Badan Kehormatan Dewan) DPRD Kabupaten Batu Bara ke
BKD DPRD Provinsi Sumatera Utara

 
Senin, 12/03/18 Badan Kehormatan Dewan DPRD Kab. Batu Bara berkunjung ke DPRD SU, Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. Batu Bara H. Selamat Arifin, SE, M.Si  didampingi  Ketua  BKD DPRD Kab. Batu Bara Usman SE. MS.i  dan Anggota BKD DPRD Kab. Batu Bara, M. Safii, Suryadi, Buyung, Fahmi, SH, Drs. Suwarsi  dan  diterima langsung oleh Wakil Ketua BKD DPRD SU Drs. H. Yuhlizar Parlagutan Lubis, M. Psi dan Anggota BKD DPRD SU H. M. Hanafiah Harahap, SH diruang Rapat Badan Kehormatan Dewan DPRD SU.
Dalam pertemuan tersebut Ketua  DPRD Kab. Batu Bara H. Selamat Arifin, SE, M.Si   mengatakan BKD DPRD Kab. Batu Bara ingin berkonsultasi dan berkoordinasi  tentang Fungsi  dan Tugas serta wewenang BKD terhadap Anggota DPRD.
Ketua  BKD DPRD Kab. Batu Bara Usman SE. MS.i  mengatakan ingin mengetahui  terkait Tata Tertib Pimpinan dan Anggota DPRD  Provinsi  Sumatera Utara.
Menjawab pertanyaan tersebut, Wakil Ketua BKD DPRD SU Drs. H. Yuhlizar Parlagutan Lubis, M. Psi mengatakan, Fungsi dan Tugas BKD untuk menjaga marwah dan martabat Anggota DPRD itu sendiri, dimana di dalam fungsi dan tugas DPRD tersebut terdapat Tata Tertib, Kode Etik dan Tata Beracara yang telah diatur dalam Peraturan DPRD Sumatera Nomor 10/K.2015 tentang Kode Etik DPRD Provinsi Sumatera Utara, Anggota DPRD yang terbukti melanggar Kode Etik atau Tata Tertib DPRD dapat diberikan sanksi oleh Badan Kehormatan Dewan dengan Keputusan, berdasarkan hasil penyelidikan, verifikasi dan klarifikasi, sanksi yang didapatkan yaitu pertama Teguran Lisan, kemudian Teguran Tertulis, Pemberhentian sebagai Pimpinan dan Anggota pada Alat Kelengkapan dan terakhir Pemberhentian Sebagai Anggota DPRD.
Wakil Ketua BKD DPRD SU juga menambahkan, BKD DPRD Provinsi Sumatera Utara akan melakukan pengusulan untuk melakukan pertemuan akbar dan pembentukan Asosiasi BKD se Indonesia yang bertujuan untuk adanya kesamaan pola dan sistem untuk menindaklanjuti tugas dan fungsi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara agar lebih baik kedepannya.