SELAMAT DAN SUKSES
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MTQ NASIONAL KE XXVII 04 - 13 OKTOBER 2018
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)

Posted March 9, 2018
Written by user
UNJUK RASA Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)


Unjukrasa Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dengan jumlah massa 150 (Seratus Lima puluh) orang  melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada Jum’at, 09 Maret 2018. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD Provinsi  Sumatera Utara oleh H. Ikrimah Hamidy, ST, M.Si, (Anggota Komisi A DPRD-SU) dan H. M. Hanafiah Harahap, SH ( Sekertaris Komisi C DPRD-SU).

 
Delegasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) 14 (Empat Belas) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut :
  1. Penambahan    pimpinan   MPR,   DPR   dan  DPD    serta   pergantian   wakil  pimpinan Mahkamah Kehonnatan  Dewan (MKD)
  2. Adanya  perumusan   kewenangan   DPR   dalam  membahas   RUU  yang  berasal  dari Presiden dan maupun diajukan oleh DPD.
  3. Adanya penambahan  rumusan  tentang pemanggilan paksa dan penyancleraan terhadap pejabat negara atau warga masyarakat secara umum yang melibatkan Kepolisian.
  4. Penambahan rumusan penggunaan hak interpelasi dan hak angket.
  5. Menghidupkan kembali Badan Akuntabilitas Keuangan Negara.
  6. Penambahan  rumusan  tentang  kewenangan Baleg dalam penyusunan  RUU tentang pembuatan laporan kinerja inventarisasi masalah di bidang hukum.
  7. Perumusan ulang terkait tugas dan fungsi Majelis Kehormatan  Dewan (IMKD).
  8. Menambah   rumusan   kewajiban  mengenai  laporan  hasil pembahasan   APBN  dalam rapat pimpinan sebelum pengambilan keputusan pada pembicaraan tingkat satu.
  9. Penambahan   rumusan  mekanisme  pemanggilan  WNI  dan  orang  asing acara paksa dalam hal tidak memenuhi pemanggilan panitia angket.  ·
  10. Penguatan hak imunitas anggota DPR dan pengecualian hak imunitas.
  11. Penambahan   rumusan  wewenang   tugas DPD   dalam  memantau  dan mengevaluasi Ranperda dan Perda.
  12. Penambahan rumusan kemandirian DPD  dalam rumusan anggaran.
  13. Penambahan rumusan Badan Keahlian  Dewan (BKD).
  14. Penambahan  rumusan mekanisme pimpinan MPR, DPR dan alat kelengkapan dewan hasil Pemilu dan ketentuan mengenai mekanisme penetapan pimpinan MPR, DPR dan kelengkapan dewan  setelah Pemilu 2019.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  H. Ikrimah Hamidy, ST, M.Si, (Anggota Komisi A DPRD-SU) dan H. M. Hanafiah Harahap, SH (Sekertaris Komisi C DPRD-SU)  menyampaikan pendapat sebagai berikut:
  • Kedatangan dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) akan disampaikan aspirasinya kepada Ketua DPRD-SU untuk ditindak lanjuti sesuai peraturan yang berlaku.
  • Aspirasi mahasiswa akan diteruskan kepada Pemerintah Pusat di Jakarta khususnya ke Mahkamah Konstitusi - RI
‚Äč