DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Pemerintah Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMASU)

Posted March 26, 2018
Written by user
UNJUK RASA Pemerintah Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMASU)

Unjukrasa Pemerintah Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMASU) dan Mahasiswa Polymedia dengan jumlah  massa 80 (Delapan Puluh) orang  melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada Senin, 26 Maret 2018.  Delegasi berdialog/ duduk bersama di Ruang Rapat Banmus dan  diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD Provinsi  Sumatera Utara oleh Muhri Fauzi Hafiz, Sutrisno Pangaribuan, ST dan Leonard Surungan Samosir.

Delegasi Aliansi Mahasiswa Kota Medan menyampaikan 4 (Empat) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut
  1. Menolak kenaikan harga BBM jenis Pertalite di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara dan di seluruh wilayah Indonesia karena akan menyebabkan kenaikan haraga pokok, tarif transportasi, Phk masal dalam dunia kerja yang akan semakin menyengsarakan masyarakat.
  2. Pemerintah harus menjamin stok ketersediaan dan tidak menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium di kota Medan, Sumatera Utara di seluruh Wilayah Indonesia.
  3. Bangun kekuatan politik yang didasari semangat kedaulatan rakyat dalam aspek energy dengan melaksanakan Nasionalisasi Aset Negara terutama perusahaan – perusahaan pengelola minyak dan gas Bumi, karena fakta jelas menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan asing yang bergerak dalam pengelolaan aset minyak dan gas bumi di Indonesia hanya melakukan eksploitasi dan mengeruk keuntungan semata tanpa memperhatikan rakyat yang mengalami kemiskinan, Disamping itu, sejauh ini pemerintah tidak pernah berani melakukannya karena sudah terlalu takut dengan pihak asing.
  4. Pemerintah sebenarnya bisa juga melakukan penghematan dalam kegiatan ekspor dan impor BBM, yakni memangkas rente-rente distribusi yang selama ini menambah biaya. Jika aparat Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat sudah tidak bisa mencerminkan aspirasi dan keluhan masyarakat lalu kepada siapa masyarakat harus meminta tolong.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  Muhri Fauzi Hafiz, Sutrisno Pangaribuan, ST dan Leonard Surungan Samosir. menyampaikan pendapat sebagai berikut:
 
  • Mengapresiasi kedatangan dari Pemerintah Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMASU) dan Mahasiswa Polymedia akan menyampaikan Aspirasinya kepada Ketua DPRD-SU untuk ditindak lanjuti sesuai dengan Peraturan yang berlaku.
  • DPRD Provinsi Sumatera Utara yaitu Komisi B akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mengundang pihak Pertamina Kota Medan dan Pemerintah / Instansi Terkait Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMASU) dan Mahasiswa Poli MEdia
  • Surat Pernyataan Sikap akan di Faximile ke Kementerian Sekretaris Negara, Pertamina Persero Medan dan Kementerian BUMN