DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG KE SEKRETARIAT DPRD SU

Posted April 17, 2018
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG KE SEKRETARIAT DPRD SU
 
Selasa, 24/2/18 Sekr. DPRD Prov. Lampung berkunjung ke Sekr. DPRD SU. Kunjungan dipimpin oleh Kabag Keuangan Sekr. DPRD Prov. Lampung Tina Melinda, S. Sos, MM didampingi Kabag Persidangan, Kabag Per UU, Kabag Umum, Kasubbag Protokol, Kasubbag Anggaran, Kasubbag Humas, Kasubbag Fasilitasi Aspirasi, Kasubbag Perjalan Sekr. DPRD Prov. Lampung dan diterima oleh Kabag Per-UU, Persidangan & Risalah Sekr. DPRD SU, Drs. Toman Nababan, MSP didampingi Kabag Umum, Ahmad Effendi, S.Sos, MSP, Kasubbag Protokol dan HAL Evelyn Sitanggang, SE, MSP, Kasubbag Perlengkapan dan Pendistribusian Iriyanto, S.Sos, MSP, Kasubbag Pengkajian Hukum, Sri Wahyuni, SH, Tenaga Ahli BPPD DPRD SU, Syarualina Lubis di Ruang Aula Sekretariat DPRD SU.
 
Pada pertemuan tersebut Kabag Keuangan Sekr. DPRD Prov. Lampung Tina Melinda, S. Sos, MM mengatakan Kedatangan Sekretariat DPRD Provinsi Lampung ingin berkonsultasi dalam rangka mencari masukan yang berkaitan dengan Peraturan Daerah Inisiatif Pencegahan dan Penanggulangan terhadap penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif.
Kabag Umum Sekr. DPRD Prov. Lampung Alma Rostow Guna, SE, MM menanyakan mengenai Transportasi Kenderaan Dinas Pimpinan dan Anggota di DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Selain itu Kabag Persidangan Sekr. DPRD Prov. Lampung Zurizal, SE, M.Si mempertanyakan bagaimana implementasi PP Nomor 18 Tahun 2017 tentang Tatib di DPRD SU dan mengenai penerapan laporan kinerja di Fraksi-fraksi DPRD SU dan ASN di lingkungan DPRD SU.
Selanjutnya, Kasubbag Perjalanan Dinas Sekr. DPRD Prov. Lampung Idawati, SH, MM juga menambahkan mengenai kegiatan dan pengelolaan dana reses di DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Menjawab pertanyaan Kabag Keuangan Sekr. DPRD Prov. Lampung Terkait dengan Peraturan Daerah Inisiatif Pencegahan dan Penanggulangan terhadap penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif Tim Ahli BPPD DPRD SU, Syaraulina Lubis mengatakan, “hal tersebut sudah diatur dalam Permendagri Nomor 71 Tahun 2017 terdapat 6 (enam) hal yang harus diperhatikan yaitu antisipasi dini, pencegahan, pengamanan rehabilitasi, penanggulangan dan antisipasi dari masyarakat”.
Terdapat 4 (empat) aspek untuk melakukan pencegahan dari penyalahgunaan Narkoba yaitu pencegahan di BUMN / BUMD, Pemerintahan, rumah ibadah dan tempat pendidikan serta memberikan advokasi atau pendamping terhadap binaan penyalahgunaan Narkoba.
 

Kabag Per UU, Persidangan dan Risalah Drs. Toman Nababan, MSP dalam sambutannya, mengatakan terkait dengan kendaraan dinas saat ini hanya Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Utara yang menggunakannya sedangkan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara sudah tidak menggunakannya sesuai dengan PP Nomor 18 Tahun 2017 untuk tunjangan transportasi dan lain lain serta kendaraan dinas tersebut bersifat pinjam pakai sedangkan untuk biaya Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak difasilitasi.
Tata Tertib di DPRD Provinsi Sumatera Utara sudah mengacu sesuai dengan PP  Nomor 18 Tahun 2017.
Mengenai laporan kinerja, Pada Tahun 2017 sampai saat ini di DPRD Provinsi Sumatera Utara tidak ada laporan kinerja untuk Fraksi-Fraksi, karena Fraksi bukan AKD dan Sekretariat hanya memfasilitasi saja, Terkait laporan  kinerja untuk ASN di lingkungan DPRD Provinsi Sumatera Utara telah diberlakukan dan laporan kinerja tersebut disampaikan ke Kantor Gubernur Sumatera Utara.
Mengenai kegiatan reses, kegiatan reses Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara diadakan 3 (tiga) kali dalam setahun dimana pengelolaan dana reses di lakukan dengan via transfer oleh staf Sekretariat yang memfasilitasi kegiatan masing-masing reses tersebut, titik pertemuan reses ditentukan oleh masing-masing Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di masing-masing Daerah Pemilihannya (Dapil) dan tidak ditentukan secara pasti.
pertemuan ditutup dengan pemberian pergub dan tatib serta pertukaran cenderamata dan berfoto bersama.