DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Kunjungan (Mini Riset) Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utar

Posted May 8, 2018
Written by user
Category Umum
Kunjungan (Mini Riset) Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ke DPRD Sumatera Utara

 
DPDRD SU (08/052018) Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara melakukan Mini Riset untuk Mata Kuliah Kewarganegaraan. Mini Riset dipimpin langsung oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewrganegaraan Siti Khadijah Pulungan, MKn dan diterima langsung Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan, ST diruang Aula Sekretariat DPRD Sumatera Utara.
 
Dalam pertemuan tersebut Mahasiswa UINSU Afniar Harahap  mempertanyakan berapa jumlah Fraksi dan Komisi di DPRD Sumatera Utara
 
Rika Rahayu Ningsih Mahasiswi UINSU mempertanyakan bagaimana sistem Sidang di DPRD Sumatera Utara, apakah harus ada permasalahan barulah DPRD melaksanakan sidang.
 
Menjawab Pertanyaan Mahasiswa UINSU Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan , ST didampingi Kabag INPRO Sekretariat DPRD Sumatera Utara, Benny Miraldy, SE, MSP mengatakan DPRD memiliki beberapa Komisi dan Badan yaitu beberapa Komisi yaitu : Komisi A yaitu membidangi Pemerintahan, Komisi B membidangi Perekonomian, Pertanian dan pariwisata, Komisi C membidangi Keuangan, Aset Daerah dan BUMN serta BUMD, Komisi D membidangi Pembangunan Serta Komisi E membidangi Kesejahteraan Rakyat, Kesehatan dan Pendidikan.
 
Kemudian Badan yang ada di DPRD ada Badan Musyawarah yang mempunyai tugas menetapkan agenda dan jadwal kegiatan Alat kelngakapan di DPRD setiap bulannya. Badan Anggaran memiliki tugas melakukan pembahasan Anggaran bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi untuk menetapkan APBD. Badan Pembentukan Peraturan Daerah memiliki tugas membahasa dan menyusun Peraturan Daerah bersama-sama dengan Pemerintah. Badan Kehormatan Dewan memiliki tugas yaitu memantau dan mengevaluasi didsiplin  atau kepatuhan terhadap moral, kode etik dan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilatas DPRD.
 
DPRD Sumatera Utara memliki 100 orang Kursi, dimana Fraksi Partai Golkar 17 kursi, Fraksi PDI-P 16 kursi, Fraksi Demokrat 14 kursi, Fraksi Grindra 13 kursi, Fraksi Hanura 10 kursi, Fraksi PKS 9 kursi, Fraksi PAN 6 kursi, Fraksi 5 kursi dan Fraksi 10 Kursi dimana ini Fraksi Gabungan  yaitu Partai PPP 4 kursi, PKPI 3 kursi dan PKB 3 kursi.  Jumlah Anggota suatu Fraksi harus sama dengan jumlah alat kelengkapan di DPRD, maka jika suatu Partai yang Anggota DPRDnya tidak sampai atau sama dengan jumlah Komisi, maka Partai tersebut harus bergabung dengan Fraksi lain. 
Terkait dengan sidang Paripurna di DPRD, Pimpinan dan Anggota DPRD jika ingin membahas dengan  sikap kelengbagaan, maka harus dibawa kedalam sidang paripurna untuk dibahas bersama-sama dengan semua Pimpinan dan Anggota Fraksi, misalnya dalam pengambilan Keputusan untuk Ranperda, itu harus dibawa dalam Sidang Paripurna untuk diambil keputusan antara DPRD dan Pemerintah dalam hal ini Gubernur.