SELAMAT DAN SUKSES
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MTQ NASIONAL KE XXVII 04 - 13 OKTOBER 2018
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Mini Riset Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) ke DPRD Sumatera Utara

Posted May 2, 2018
Written by user
Category Umum
Mini Riset Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) ke DPRD Sumatera Utara
 
DPRD SU, (02/05/2018) Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) melakukan Mini Riset matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan ke DPRD Sumatera Utara dan diterima langsung oleh Anggota DPRD Sumatera Utara H. Ikrimah Hamidy, ST, MSi didampingi Rony Reynaldo Situmorang, SH diruang Aula DPRD Sumatera Utara.
 
Dalam kunjungan tersebut Mahasiswa Unimed Sarah Dita Manik mempertanyakan bagaimana Hubungan Politik dan ekonomi dan Gambaran dan struktur Kinerja Anggota DPRD.
 
Sementara itu Putra One Harefa mempertanyakan Apakah ada jalur Formal untuk menyampaikan Aspirasi Masyarakat ke DPRD Sumatera Utara selain melakukan unjuk Rasa di Gedung Rakyat.
 
 
Anggota DPRD Sumatera Utara H. Ikrimah Hamidy, ST, MSi mengatakan DPRD memiliki beberapa alat Kelengakapan yaitu beberapa Komisi yaitu : Komisi A yaitu membidangi Pemerintahan, Komisi B membidangi Perekonomian, Pertanian dan pariwisata, Komisi C membidangi Keuangan, Aset Daerah dan BUMN serta BUMD, Komisi D membidangi Pembangunan Serta Komisi E membidangi Kesejahteraan Rakyat, Kesehatan dan Pendidikan.
 
Kemudian Alat kelengkapan di DPRD ada Badan Musyawarah yang mempunyai tugas menetapkan agenda dan jadwal kegiatan Alat kelngakapan di DPRD setiap bulannya. Badan Anggaran memiliki tugas melakukan pembahasan Anggaran bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi untuk menetapkan APBD. Badan Pembentukan Peraturan Daerah memiliki tugas membahasa dan menyusun Peraturan Daerah bersama-sama dengan Pemerintah. Badan Kehormatan Dewan memiliki tugas yaitu memantau dan mengevaluasi didsiplin  atau kepatuhan terhadap moral, kode etik dan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilatas DPRD.
 
Bahwa Politik dan ekonomi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Politik sesunggah merupakan mengatur kebijakan-kebijakan. Politik sesunggah merupakan mengatur kebijakan-kebijakan. Orang-orang terpilih nantinya akan menentukan arah politik dan arah ekonominya. Jika kita ingin merubah Negara kita menjadi lebih baik, maka saya harapkan agar kita ikut berpolitik, karena itu juga akan menentukan arah ekonomi kita lebih baik, tambah Politisi PKS ini.
 
 
Sementara itu Anggota DPRD Sumatera Utara Rony Reynaldo Situmorang, SH mengatakan masih banyak cara formal untuk menyampaikan Aspirasi Masyarakat ke DPRD Sumatera Utara seperti Audiensi, Audiensilah merupakan cara formal kita sebagai masyarakat menyampaikan aspirasi kita secara langsung kepada Pimpinan dan Anggota Dewan untuk dapat ditindak lanjuti.