SELAMAT DAN SUKSES
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MTQ NASIONAL KE XXVII 04 - 13 OKTOBER 2018
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

DPRD Provinsi Sumatera Utara (DPRD-SU) Mendukung Pembangunan Masjid Agung Barus dan Masjid Al-Muslim

Posted June 4, 2018
Written by user
Category Umum
DPRD Provinsi Sumatera Utara (DPRD-SU) Mendukung Pembangunan Masjid Agung Barus dan Masjid Al-Muslimin Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (TAPTENG)
 
Senin, (04 Juni 2018), Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah Darma Bakri M, para Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah serta Badan Kenaziran Masjid Agung Barus berkunjung ke DPRD-SU dan diterima langsung oleh Ketua DPRD SU H. Wagirin Arman, S.Sos didampingi Wakil Ketua DPRD SU Aduhot Simamora, Anggota DPRD SU Dra. Delmeria dan Ir. Juliski Simorangkir, MM diruang Rapat Badan Anggaran DPRD SU.
Dalam pertemuan tersebut Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Bakhtiar Sibarani mengatakan bahwa pada tanggal 24 Maret 2018 Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo berkunjung ke Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah sekaligus menetapkan Titik Nol Peradapan Muslim di Nusantara yang dihadiri oleh seluruh Alim Ulama seluruh Indonesia. Masyarakat mengharapkan agar adanya tindak lanjut dari Kunjungan Presiden tersebut dengan pembangunan Masjid Agung Barus yang juga Ikon Peradapan Muslim Nusantara. Masyarakat Tapanuli Tengah mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan DPRD Sumatera Utara yang juga perpanjangan tangan Pemerintah Pusat agar dapat mengakomodir Pembangunan Masjid Agung Barus serta Masjid Al-Muslimin di Kota Pandan, ujar Politisi Partai Hanura tersebut”.
SesuaiPenjelasan Bupati Tapteng dana yang harus disiapkan untuk pembangunan kedua Masjid tersebut yaitu Rp. 20.571.600.000,- untuk Masjid Agung Barus dan Masjid Al Muslimin Kota Pandan sebesar Rp. 20.000.000.000,-, tentu dana ini sangat besar dan membebani APBD Kabupaten Tapteng, untuk itu kami mengharapkan bantuan penuh dari APBD Sumatera Utara. Areal Pembangunan Masjid yang sudah disiapkan PemkabTaptengdan sudah ditimbun secara sukarela oleh masyarakat seluas 1.5 hektar.
Ketua DPRD Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos mengatakan sangat mendukung Pembangunan Masjid Agung Barus yang juga Ikon Peradapan Muslim Nusantara dan Masjid Al-Muslimin di Kota Pandan. Saya berharap agar ini dapat dibahas di Komisi E DPRD Sumatera Utara agar dapat masuk pada APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019. Sehingga tidak ada lagi alasan DPRD SU untuk tidak membangun Masjid ini.
Anggota Komisi E DPRD Sumatera Utara Dra. Delmeria mengatakan sangat bangga atas cita-cita dan keinginan Masyarakat  Tapanuli Tengah yang disampaikan melalui Bupati Tapanuli Tengah kepada Pemprovsu dan DPRD Sumatera Utara. Saya berharap hasil dari Rapat ini ini bisa dibawa ke Badan Anggaran untuk dapat dibahas bersama-sama dengan Pemprovsu untuk selanjutnyadana Pembangunan Masjid tersebut dapat ditampung di Anggaran Tahun 2019.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Aduhot Simamora, bahwa Masjid Agung Barus bukan Saja milik Masyarakat Tapanuli Tengah tetapi Nasional. Sebagaimana kita ketahui sejarah telah menunjukkan bahwa Kota Barus merupakan peradapan Islam di Nusantara.
Anggota DPRD Sumatera Utara Ir. Juliski Simorangkir, MM mengatakan bahwa Barus bukan hanya Ikon Peradapan Islam Nusantara , tetapi kita menunjukkan bahwa Barus merupakan Simbol Toleransi semua Agama di Indonesia. Saya berharap tidak ada alasan untuk tidak ada lagi persetujuan anggaran bagi Pemrovsu dan DPRD SU.