SELAMAT DAN SUKSES
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MTQ NASIONAL KE XXVII 04 - 13 OKTOBER 2018
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Kunjungan Mini Riset Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Posted July 12, 2018
Written by user
Category Umum
Kunjungan Mini Riset Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ke DPRD Sumatera Utara
 
DPRRD SU (11/072018) Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara melakukan Mini Riset untuk Mata Kuliah Kewarganegaraan. Mini Riset dipimpin langsung oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewarganegaraan Siti Khadijah Pulungan, MKn dan diterima langsung Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan, ST, Kabag INPRO DPRD Sumatera Utara Benny Miraldy, SE, MSP didampingi Kasubbag PRotokol Evelyn Sitanggang, SE, MSP diruang Aula Sekretariat DPRD Sumatera Utara.
 
Dalam pertemuan tersebut Mahasiswa UINSU menyampaikan beberapa pertanyaan antara lain:
 
Ahmad Nawawi Mahasiswa UINSU  mempertanyakan berapa jumlah Komisi di DPRD Sumatera Utara dan apa saja Fungsinya.
Imaniah Mahasiswi UINSU mempertanyakan bagaimana cara anggota DPRD menyerap Apirasi Rakyat.
M. Hadi Mahasiswa UINSU  bagaimana struktur Organisasi di DPRD Provinsi Sumatera Utara.
 
Menjawab Pertanyaan Mahasiswa UINSU Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan , ST didampingi Kabag INPRO Sekretariat DPRD Sumatera Utara, Benny Miraldy, SE, MSP mengatakan DPRD memiliki beberapa Komisi dan Badan yaitu beberapa Komisi yaitu : Komisi A yaitu membidangi Pemerintahan, Komisi B membidangi Perekonomian, Pertanian dan Pariwisata, Komisi C membidangi Keuangan, Aset Daerah dan BUMN serta BUMD, Komisi D membidangi Pembangunan serta Komisi E membidangi Kesejahteraan Rakyat, Kesehatan dan Pendidikan.
Kemudian Badan yang ada di DPRD ada Badan Musyawarah yang mempunyai tugas menetapkan agenda dan jadwal kegiatan Alat kelengkapan di DPRD setiap bulannya. Badan Anggaran memiliki tugas melakukan pembahasan Anggaran bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi untuk menetapkan APBD. Badan Pembentukan Peraturan Daerah memiliki tugas membahasa dan menyusun Peraturan Daerah bersama-sama mengawasi dengan Pemerintah. Badan Kehormatan Dewan memiliki tugas yaitu memantau, mengawasi dan mengevaluasi disiplin  atau kepatuhan terhadap moral, kode etik dan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilatas DPRD.
 
Menjawab pertanyaan M. Hadi  Mahasiswa UINSU Kabag Informasi dan Protokol Sekretariat DPRD SU Benny Miraldy, SE, MSP mengatakan bahwa Sekretariat DPRD Sumatera Utara dipimpin oleh Sekretaris DPRD, dimana Sekretariat DPRD Sumatera Utara memliki empat Bagian yaitu, Bagian Keuangan, Bagian Umum, Bagian Perundang-Undangan, Persidangan dan Risalah serta Bagian Informasi dan Protokol (Humas). Bagian Humas sendiri memiliki empat Subbag yaitu, Subbag Protokol yang memiliki tugas pendampingan kegiatan pimpinan dan anggota DPRD, Melaksanakan persiapan penyusunan kebijakan dalam menyelenggarakan urusan keprotokolan dan hubungan antar lembaga, Melaksanakan koordinasi penyusunan jadwal kegiatan pimpinan DPRD. Subbag Informasi Melaksanakan pengumpulan, penyusunan, pengolahan data penyajian bahan/data dalam pengelolaan urusan informasi dan Subbag Pelayanan Masyarakat memiliki tugas Melaksanakan penerimaan delegasi yang menyampaikan aspirasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD.