SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1442 H
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE - 75
AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN DPRD PROVINSI DKI JAKARTA KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Posted October 5, 2018
Written by user
Category Umum
 
KUNJUNGAN DPRD PROVINSI DKI JAKARTA KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Jum’at, 05/10/18, Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta berkunjung ke DPRD Provinsi Sumatera Utara, kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta H. Santoso, SH didampingi Wakil Ketua Komisi C, Sekretaris Komisi C dan seluruh Anggota Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta, diterima langsung oleh Sekretaris Komisi C, H. M. Hanafiah Harahap, SH beserta Anggota Komisi C Ebenezer Sitorus, SE, didampingi TIM Ahli Komisi C DPRD Provinsi Sumatera Utara dan Kasubbag Protokol dan HAL DPRD Provinsi Sumatera Utara diruang rapat Banmus DPRD Provinsi Sumatera.

Dalam pertemuan tersebut, H. Santoso, SH mengatakan kedatangan DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam rangka ingin melihat langsung mengenai Pengelolaan Keuangan Daerah dari Sektor Pajak-Pajak Daerah di Provinsi Sumatera Utara.
Selanjutnya, Anggota Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta H. Cinta Mega, SH menanyakan terkait dengan Kontribusi PT. Inalum ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta bagaimana Koordinasi dan Regulasi antara Komisi C DPRD Provinsi Sumatera Utara dengan PT. Inalum agar Pemprovsu mendapat hak yang layak.
M. Asrad Ali juga menanyakan terkait pengelolaan keuangan Daerah serta retribusi pajak hotel, restaurant dan penanganan parkir di Provinsi Sumatera Utara.


Menanggapi hal tersebut, H. M. Hanafiah Harahap, SE dalam sambutannya, mengatakan Provinsi Sumatera Utara memiliki jumlah penduduk sebanyak ± 14 juta jiwa dengan 33 Kabupaten/Kota dengan APBD sebesar ± 13 Trilyun dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) terbesar berasal dari pajak kenderaan bermotor.

Sekretaris Komisi C tersebut juga mengatakan, terkait besaran kontribusi dari PT. Inalum ke Pemprovsu dengan target sebesar 600 milyar namun hanya terealisasi sebesar 23 milyar, sedangkan seperti kita ketahui bahwa terdapat 8 (delapan) Kabupaten/Kota disekitar kawasan Danau Toba, namun setiap Kabupaten/Kota hanya mendapat masing-masing 2 (dua) Milyar, besaran ini tentu tidak seimbang dengan pendapatan dari target kontribusi yang seharusnya diberikan oleh PT Inalum yang telah di atur dalam Peraturan Gubernur, Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Ebenezer Sitorus SE juga menambahkan, terkait retribusi pajak hotel, restaurant dan penanganan parkir di Provinsi Sumatera Utara dikembalikan kepada kewenangan daerah masing-masing Kabupaten/Kota, jadi tidak berada dalam tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Selanjutnya, mengenai pengelolaan keuangan Daerah dan pengawasan fungsi pajak di Provinsi Sumatera Utara berada di bawah pengawasan Biro Perekonomian Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara.