AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Rapat Kerja Komisi D DPRD Provsu Terkait Pencemaran Air Danau Toba

Posted March 5, 2019
Written by user
Category Umum
RAPAT KERJA KOMISI D DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
DENGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVSU, PEMKAB SIMALUNGUN, PEMKAB TOBASA, PEMKAB SAMOSIR, PEMKAB DAIRI, PEMKAB TAPANULI UTARA, PEMKAB HUMBANG HASUNDUTAN, PEMKAB KARO DAN ALIANSI PEDULI DANAU TOBA
 
Selasa (05/03/2019). Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Rapat Kerja dengan Dinas Lingkungan Hidup Provsu, Pemkab Simalungun, Pemkab Tobasa, Pemkab Samosir, Pemkab Dairi, Pemkab Tapanuli Utara, Pemkab Humbang Hasundutan, Pemkab Karo, dan Aliansi Peduli Danau Toba. Rapat Kerja ini dipimpin oleh Leonard Surungan Samosir, BA serta didampingi oleh Anggota Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara lainnya yaitu Samsul Sianturi, SH dan Layari Sinukaban, SIP yang dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara dengan agenda pembahasan terkait pencemaran air Danau Toba.
 
 
Berdasarkan paparan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir, bahwa kondisi kualitas air Danau Toba sampai Tahun 2018 berdasarkan PP 82 Tahun 2001 adalah bahwa di sebagian kecamatan sudah melewati Baku Mutu antara lain Phospat, COD, Free Chlorin. Berdasarkan pemeriksaan maka Status Mutu Air Danau Toba di Wilayah Perairan Kabupaten Samosir diklasifikasikan pada Kelas C atau Cemar Sedang. Faktor penyebab tercemarnya Danau Toba yaitu masih ada KJA milik PT. Aquafram Nusantara dan Masyarakat, limbah domestik rumah tangga, limbah hotel, limbah Pasar Tradisional, sampah serta sisa-sisa dari pelet untuk makanan ikan. Hambatan dalam pelaksanaan kebersihan di Danau Toba adalah tidak tersedianya Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir masih melakukan Open Dumping.
 
 
Pimpinan Rapat menyampaikan bahwa Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara mendukung ide sepenuhnya agar Danau Toba bersih dan akan menyampaikan kepada Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Utara agar dilakukan Rapat selanjutnya melalui Badan Musyawarah. Sebagai tindak lanjut dalam penanganan pencemaran air Danau Toba, Pimpinan Rapat mengatakan bahwa permasalahan ini akan disampaikan ke Presiden RI di Jakarta.