DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

RDP KOMISI B PROVINSI SUMATERA UTARA TERKAIT DANA TALI ASIH REKLAMASI PANTAI BELAWAN

Posted April 22, 2019
Written by user
Category Umum
RAPAT DENGAR PENDAPAT KOMISI B DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA DENGAN DINAS KELAUTAN & PERIKANAN PROVINSI SUMATERA UTARA, DINAS PERTANIAN & PERIKANAN KOTA MEDAN, OTORITAS PELABUHAN BELAWAN, PT. PELINDO I (PERSERO) DAN GERAKAN RAKYAT BERANTAS KORUPSI/MASYARAKAT LABUHAN PEKAN LABUHAN BAGAN DELI
 
 
Senin (22/04/2019). Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Rapat Dengar Pendapat dengan Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pertanian & Perikanan Kota Medan, Otoritas Pelabuhan Belawan, PT. Pelindo I (Persero) dan Gerakan Rakyat Berantas Korupsi/Masyarakat Labuhan Pekan Labuhan Bagan Deli. Ketua Komisi B DPRD Sumatera Utara (H. Robby Anangga, SE) memimpin langsung Rapat ini dan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumatera Utara (Ir. H. Iskandar Sinaga) dengan Agenda Percepatan Penyaluran dana Kompensasi bagi Nelayan dan Pihak terkena dampak proyek Reklamasi Pantai Belawan.
Dalam paparannya, Gerakan Rakyat Berantas Korupsi/ Masyarakat Labuhan Pekan Labuhan Bagan Deli meminta agar Dana Tali Asih Reklamasi Pantai Belawan  yang disepakati dapat segera direalisasikan, serta adanya transparansi data 3228 nelayan penerima dana tali asih yang direkomendasikan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan. Kemudian Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan menyampaikan bahwa mereka tidak memiliki kewenangan dalam pencairan dana Tali Asih Reklamasi Pantai Belawan, namun bertugas untuk memverifikasi nelayan-nelayan yang berhak menerima dana kompensasi dengan persyaratan antara lain pemilik Kapal (memiliki ijin) di bawah 5 Gross Tonnage (GT) dan ABK yang memiliki Kartu Nelayan. Dalam RDP ini tidak ada Keputusan yang dihasilkan dikarenakan ketidakhadiran Pihak Dirut PT. Pelindo I (Persero).
Pimpinan Rapat menutup RDP dan menyampaikan bahwa akan diadakan RDP lanjutan dan meminta Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan untuk menyerahkan data 3228 nelayan sebagai bahan diskusi pada RDP berikutnya. Selanjutnya Pimpinan Rapat meminta Gerakan Rakyat Berantas Korupsi/ Masyarakat Labuhan Pekan Labuhan Bagan Deli mempersiapkan data-data nelayan yang belum terdaftar sebagai penerima dana tali asih Reklamasi Pantai Belawan agar diajukan sebagai penerima tambahan penerima dana tali asih Reklamasi Pantai Belawan.