AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENERIMA AUDIENSI KOMISI PENANGGULAN AIDS (KPA) PROVINSI SUMATERA

Posted January 24, 2020
Written by user
Category Umum
KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENERIMA AUDIENSI KOMISI PENANGGULAN AIDS (KPA) PROVINSI SUMATERA UTARA

Jumat/24/1/2020. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting menerima Audiensi dari Komisi Penanggulan Aids (KPA) Provinsi Sumatera Utara beserta Pegurus dan LSM yang membidangi Penanggulangan HIV/AIDS seperti Medan Plus, Forum Masyarakat Peduli Anak dengan HIV/AIDS, G-Utea, PKBI Sumut dan Perkumpulan Peka bertempat di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Provinsu Sumatera Utara.
Dalam Pertemuan tersebut, Mulyono selaku Ketua KPA Sumatera Utara  memaparkan kondisi HIV/AIDS di Sumatera Utara dimana sampai dengan Juni 2017 sesuai dengan data Kementerian Kesehatan, Sumut berada diurutan ke-7 dari 10 Provinsi dengan data kasus HIV/AIDS terbesar di Indonesia.  Sampai dengan April 2019 jumlah kasus HIV/AIDS yang tercatat oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara sebanyak 9209  kasus dengan perincian HIV= 4043 dan AIDS= 5166. Selanjutnya, data Kemenkes Tahun 2016 angka prevelensi HIV/AIDS di Sumut adalah 28,97 per 100.000 penduduk, artinya adalah setiap 100.000 penduduk di Sumatera Utara terdapat 29 0rang yang menderita HIV/AIDS.  Berdasarkan kelompok umur yang paling tinggi mengidap HIV adalah umur 15-29 tahun dan 30-40 tahun kelompok umur yang di harapkan menjadi generasi penerus bangsa. Disamping itu tren peningkatan kasus HIV/AIDS juga terjadi pada rentang usia 0-19 tahun yang pengidapnya saat ini tercatat 953 anak di Sumatera Utara.
H. Ikrimah Hamidy, ST, Wakil Ketua KPA Sumatera Utara  menambahkan Komisi Penanggulan Aids (KPA) Provinsi Sumatera utara mengusulkan Ranperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS ke DPRD Provinsi Sumatera Utara dan KPA-SU siap membantu untuk pendampingan. Disamping itu faktor yang menyebabkan penyebaran HIV/AIDS diantaranya kurangnya pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS, masih terjadi stigma dan diskriminasi kepada pengidap HIV/AIDS yang berdampak tidak maunya masyarakat untuk tes HIV, karena jika dinyatakan postitif maka akan menjadi aib bagi penderita dan keluarganya.
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting mengucapkan terimakasih dan menyambut baik kehadiran dari  Komisi Penanggulan Aids (KPA) Provinsi Sumatera Utara beserta pengurus dan LSM yang membidangi Penanggulangan HIV/AIDS. Terkait Ranperda yang diajukan KPA Sumatera Utara ke DPRD Provinsi Sumatera Utara, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara akan  mendukung sepenuhnya agar menjadi Perda Tahun 2020.