AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN DPRD KABUPATEN DAIRI KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Posted January 28, 2020
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN DPRD KABUPATEN DAIRI KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
 
Selasa, 28/01/2020 Pimpinan dan Anggota Pansus DPRD Kabupaten Dairi melakukan Kunjungan Kerja ke DPRD Provinsi Sumatera Utara, Kunjungan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi Wanseptember Situmorang, SH beserta anggota DPRD Kabupaten Dairi dan diterima oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Salman Alfarisi, Lc, M.A didampingi Tenaga Ahli Banggar DPRD Provinsi Sumatera Utara Syaravina Lubis, SH, MSc dan Siti Nurahmi Nasution, SH, MH diruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Salman Alfarisi, Lc, M.A mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kedatangan Pimpinan dan Anggota Pansus DPRD Kabupaten Dairi yang telah berkunjung ke DPRD Provinsi Sumatera Utara.

 
       

Dalam Sambutannya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi Wanseptember Situmorang, SH mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Utara sudah menyambut baik kedatangan DPRD Kabupaten Dairi. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi Wanseptember Situmorang, SH mengatakan maksud kedatangan kami ke DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam rangka konsultasi terkait Pansus Tata tertib DPRD Provinsi Sumatera Utara. Beliau mengatakan bahwa tatib ini adalah marwah atau bahan terpenting dari DPRD Provinsi sumatera oleh karena itu beliau mengharapkan agar dapat menerima penjelasan mengenai Tahapan tertibnya Tata Terbib di DPRD Provinsi Sumatera Utara.
 
         

Menanggapi Hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Salman Alfarisi, Lc, M.A mengatakan bahwa Pansus Tata tertib di DPRD Provinsi sedang berjalan dan legalitas kegiatan kita di DPRD sangat tergantung pada Tatib yang berlaku di DPRD Provinsi Sumatera Utara. H. Salman Alfarisi, Lc, M.A juga mengatakan bahwa seluruh kegiatan Dewan di DPRD Provinsi Sumatera Utara ini tertuang dalam Rapat Banmus baik itu Rapat-Rapat Komisi maupun kunjungan kerja dalam daerah dan luar daerah.
 
   

Menanggapi Hal tersebut, Tenaga Ahli Pansus Tata Tertib DPRD Provinsi Sumatera Utara Siti Nurahmi Nasution, SH, MH mengatakan terkait Pansus Tata tertib yang berlaku di DPRD Provinsi Sumatera Utara, sudah melakukan revisi terhadap peraturan DPRD Provisi Sumatera Utara tentang Tata Tertib. Dalam keanggotaan dewan masa periode 2014 – 2019, terjadi perubahan regulasi dari PP 24 tahun 2004 ke PP 12 Tahun 2018. Siti Nurahmi Nasution, SH, MH juga mengatakan di DPRD Provinsi Sumatera Utara jumlah tenaga ahli sesuai dengan alat kelengkapan Dewan di tambah dengan Tenaga Ahli di 9 fraksi. Dan untuk Tata Tertib yang baru ini, tiap alat kelengkapan dewan diakomodir 3 orang tim ahli dan untuk fraksi diakomodir 1 orang tenaga ahli. Siti Nurahmi Nasution, SH, MH mengatakan sesuai ketentuan Permendagri no. 80 Tahun 2015 mengenai pembentukan produk hukum daerah, di atur bahwa untuk melakukan penyusunan program pembentukan peraturan daerah, penetapan rencana program kerja untuk pembentukan peraturan daerah itu sebesar paling banyak 25% dari rencana program pembentukan peraturan daerah sebelumnya, hal ini berdasarkan revisi Permendagri No. 80 tahun 2015.


Menanggapi Hal tersebut, Tenaga Ahli Pansus Tata Tertib DPRD Provinsi Sumatera Utara Syaravina Lubis, SH, MSc juga menambahkan bahwa Pembentukan peraturan daerah yang sebesar 25% itu tidak termasuk di perda APBD. Kemudian juga dari tugas dan wewenang komisi terinspirasi dari DPRD Provinsi DKI Jakarta, dimana poin terpentingnya yaitu memberikan saran dan pertimbangan dalam rancangan pembentukan peraturan daerah. Dan Komisi juga harus bersinergi dengan rencana-rencana dalam rancangan pembentukan peraturan daerah sehingga ini juga di tuangkan di dalam tata tatib DPRD Provinsi Sumatera Utara.