HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

WAKIL KETUA DPRD PROVSU MENERIMA AUDIENSI DARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BALAI BAHASA SU

Posted January 13, 2020
Written by user
Category Umum
   WAKIL KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENERIMA AUDIENSI DARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BALAI BAHASA SUMATERA UTARA

 
Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution, menerima Audiensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU) pada hari Senin, (13/01/2020) di ruang kerja Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara.
 
        
 
Dalam pertemuan tersebut, Maryanto selaku Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara menjelaskan Program-Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Sumatera Utara terkait  Program tentang “Penguatan atas Pembangunan Manusia: Menangkal Gelombang “Tsunami” Kebahasaan melalui Sumatera Utara” menuju Indonesia Emas 2045. Maryanto menceritakan perihal asal mula bahasa Indonesia merupakan bahasa melayu yang menggunakan tulisan arab melayu sebagai bahasa sehari-hari. Sedangkan bahasa melayu islam berasal dari kampung Barus yang ada di Kota Sibolga. Dalam kesempatan ini pula, Maryanto menyampaikan harapannya agar  kongres bahasa Indonesia yang akan diadakan pada tahun 2023 bisa dilaksanakan di Kota Medan Sumatera Utara, serta pengusulan Bapak Sanusi Pane sebagai Pahlawan Nasional dalam bidang bahasa yang mempertahankan bahasa melayu sebagai Bahasa Persatuan Indonesia di Kongres Pemuda. Beliau juga meminta dukungan untuk penguatan kelembagaan Balai Bahasa Sumatera Utara menjadi Balai Besar Bahasa Sumatera Utara yang mempunyai visi  “Terbentuknya Sumber Daya Manusia Indonesia sebagai Insan yang Berkarakter dan sebagai Sumber Daya Pembangunan yang Produktif”.
 
     

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Fraksi Gerindra Bapak Gusmiyadi menyambut baik kedatangan pihak BBSU, menyatakan bahwa Bahasa Melayu memiliki peranan penting secara historis sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa Indonesia.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Harun Mustafa Nasution mengucapkan Terimakasih atas Kunjungan dari Balai Bahasa Sumatera Utara dan sangat mendukung sepenuhnya dengan Program-Program yang akan dijalankan dan mengapresiasi serta berkomitmen penuh untuk mendorong Kongres Bahasa 2023 diselenggarakan di Sumatera Utara. Harun Mustafa Nasution juga mengapresiasi untuk gelar Pahlawan Nasional untuk Bapak Sanusi Pane yang mempertahankan bahasa melayu sebagai Bahasa Nasional Pemersatu Bangsa Indonesia.