AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN KERJA BADAN MUSYAWARAH DPRD PROVINSI JAWA TIMUR KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Posted March 10, 2020
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN KERJA BADAN MUSYAWARAH DPRD PROVINSI JAWA TIMUR
KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA


Selasa, 10/03/20 Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani didampingi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Muhammad Subandi, ST, Benny Haryanto Sihotang, SE, MM, dan Ricky Anthony menerima kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Badan Musyawarah DPRD Provinsi Jawa Timur di Ruang Rapat Banmus DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani mengucapkan selamat datang dan berterimakasih atas kunjungan Pimpinan dan Anggota Banmus DPRD Provinsi Jawa Timur ke DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Dalam pemaparannya Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Hadi Dediansyah mengatakan maksud kedatangan Pimpinan dan Anggota Banmus ke DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam rangka Konsultasi dan Sharing terkait Perda Pemprov Jatim No. 5 Tahun 2017 tentang Perubahan Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.
                             
Selanjutnya mengacu pada Perda Pemprov Jatim No. 5 Tahun 2017 maka Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur telah melakukan revisi Perda tersebut dikarenakan kondisi kebutuhan dan kuota Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang telah berubah, hal ini telah diputuskan oleh Gubernur melalui rapat Paripurna dan ditandatangani dengan MoU, dimana pelaksanaannya menunggu produk hukum dari Gubernur, oleh karena itu Badan Musyawarah DPRD Provinsi Jawa Timur ingin melihat bagaimana hak – hak keuangan Anggota DPRD di DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Martin, H, SH, MH menanyakan terkait apakah semua hak keuangan Anggota DPRD diatur oleh Perda, Pergub yang berinisiatif dari Peraturan Menteri Dalam Negeri yang digunakan sebagai payung hukum berdiri sendiri atau bisa dikombinasikan dengan peraturan lain selama tidak bertentangan dengan Undang-Undang. Martin, H, SH, MM juga menanyakan terkait biaya penyelenggaraan rapat, dimana di DPRD Provinsi Jawa Timur memiliki biaya penyelenggaran rapat yang terbagi atas 3 (tiga) sesi, yaitu sesi I, II dan III, bagaimana di DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Menanggapi hal tersebut, Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Muhammad Subandi, ST, menyampaikan bahwa mengenai Hak Keuangan dan Administrasi, di DPRD Provinsi Sumatera Utara seluruh kegiatan Pimpinan dan Anggota DPRD mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara No. 7 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Terkait dengan hak keuangan di DPRD Provinsi Sumatera Utara diatur berdasarkan Pergub, dimana Pergub disesuaikan dengan kemampuan daerah masing-masing dan mengenai biaya penyelenggaraan rapat maka DPRD Provinsi Sumatera Utara tidak memiliki peraturan terkait hal itu.