AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KETUA DPRD PROVSU MELAKUKAN PENINJAUAN TERKAIT PENANGANAN COVID 19 KE KANTOR CAMAT MEDAN TIMUR

Posted April 30, 2020
Written by user
Category Umum
KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MELAKUKAN PENINJAUAN TERKAIT PENYEBARAN DAN PENANGANAN COVID-19 KE KANTOR CAMAT MEDAN TIMUR
 
 
Kamis, (30/04/2020), Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting melakukan peninjauan terkait penyebaran dan penanganan Covid-19 ke Kantor Camat Medan Timur di Jl. HM. Said No.1, Gaharu, Kecamatan Medan Timur. Peninjauan ini dihadiri oleh Camat Medan Timur, para Lurah se Kecamatan Medan Timur dan perwakilan Puskesmas.  
 
     

Berdasarkan laporan Camat Medan Timur M. Odi Anggia Batubara, S.STP, saat ini Kecamatan Medan Timur sudah berganti status menjadi zona kuning dimana sebelumnya berada di zona merah dengan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 120 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 3 orang, Pelaku Perjalanan (PP) sebanyak 40 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang, 1 orang sudah pulang dan 1 orang meninggal dunia. Selanjutnya terkait dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), pihak kelurahan terus melakukan pemantauan terkait perkembangan kesehatannya dan memberi bantuan berupa sembako selama 2 (dua) minggu selama masa isolasi mandiri dirumah. Kami juga mengapresiasi dimana masyarakat di Kecamatan Medan Timur, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak dikucilkan di masyarakat dan saling tolong menolong membantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, kami berharap daerah lain juga melakukan hal yang sama.
 
     
 
Camat Medan Timur menambahkan bahwa Kecamatan Medan Timur sudah membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan dimana sudah melakukan penyemprotan disinfektan di setiap kelurahan. Terkait dengan bantuan yang disalurkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Kecamatan Medan Timur sudah mendapatkan bantuan berupa beras sebanyak 5 kg kecuali Kelurahan Bengkel Baru karena belum mendapatkan data yang akurat namun akan segera disalurkan, selain bantuan dari Pemerintah masyarakat Kecamatan Medan Timur juga mendapatkan bantuan sembako dari beberapa Anggota DPRD baik tingkat Kota dan Provinsi serta dari Perusahaan-Perusahaan Swasta di Medan.
 
    
 
Selanjutnya perwakilan Puskesmas di Kecamatan Medan Timur menjelaskan bahwa saat ini pihak Puskesmas membutuhkan bantuan APD berupa pakaian hazmat, dimana saat ini pakaian hazmat bersifat cuci pakai dan sudah hampir rusak. Saat ini sebanyak 6 (enam) orang petugas lapangan yang terjun langsung memantau perkembangan pasien, kami juga mengharapkan agar petugas-petugas tersebut mendapatkan asupan berupa vitamin dan puding. Selanjutnya pihak puskesmas juga membutuhkan termometer infrared.
 
      

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara menghimbau kepada Camat Medan Timur agar menyampaikan kepada Lurah untuk terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk tetap berada dirumah dan menjaga jarak (social distancing) karna ini merupakan tanggungjawab moral bersama. Selanjutnya juga kepada para Lurah untuk menghimbau agar masyarakat tidak mudik sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya ke daerah-daerah yang belum terkena penyebaran Covid-19. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara juga berharap agar lebih memperhatikan penyaluran pemberian bantuan sembako dimana selain masyarakat penerima PKH dan BLT, masyarakat tingkat menengah juga saat ini sudah dapat diperhatikan. Selanjutnya terkait dari segi keamanan yang saat ini sedang labil dikarenakan banyak masyarakat yang tidak dapat bekerja sebagai dampak pandemi Covid-19 maka Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara mengharapkan agar para Lurah dan Kepala Lingkungan lebih intens melakukan pemantauan di masyarakat dan meningkatkan keamanan.