HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Ketua DPRD-SU Melakukan Peninjauan Ke Kantor Camat Medan Kota Terkait Penyebaran dan Penanganan C

Posted April 21, 2020
Written by user
Category Umum
Ketua  DPRD-SU Melakukan Peninjauan  Ke Kantor Camat Medan Kota 
Terkait Penyebaran dan Penanganan Covid-19


Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara   Drs. Baskami Ginting melakukan peninjauan di Kantor Camat Medan Kota Jl. Stadion No.3 Kec. Medan Kota, Jumat (17/4).

Berdasarkan laporan Camat Medan Kota Tengku Chairuniza, S.Sos, Kecamatan Medan Kota termasuk kawasan zona merah pandemi virus Covid-19, akan tetapi berdasarkan penjelasan Lurah Medan Timur, data pasien terpapar virus Covid-19 bukan merupakan warga di wilayah kelurahan tersebut, yang artinya pihak Rumah Sakit hanya mendata pasien berdasarkan alamat yang tertera di KTP bukan berdasarkan domisili pasien. Lurah Medan Timur juga mengeluhkan lamanya hasil laporan swab test warganya yang meninggal, dimana hal tersebut membuat warga setempat was-was apakah kematian tersebut disebabkan oleh virus Covid-19 atau tidak.
 
Pada kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Kec. Medan Kota mengutarakan kendala-kendala yang mereka alami selama virus Covid-19 mewabah di Kota Medan yaitu minimnya Alat Perlindungan Diri (APD) membuat tenaga medis di puskemas mencuci atau memberikan disinfektan pada pakaian APD yang telah dipakai tersebut kemudian dijemur untuk dapat dipergunakan kembali. Selain APD, suplemen vitamin bagi tenaga medis juga sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh, faktanya suplemen tersebut saat ini sangat sulit dijumpai di apotek/toko-toko obat.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara akan menindaklanjuti dan berkoordinasi atas permasalahan yg ada dengan Pemerintah Provinsi untuk mendistribusikan APD ke puskesmas yang ada di Kota Medan yang memang saat ini sangat diperlukan. Terkait hasil uji swab test yang terlalu lama keluar, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara menjelaskan bahwa saat ini, Rumah Sakit USU telah mendatangkan 2 (dua) unit alat PCR untuk pemeriksaan sampel pasien suspect Covid-19 yang dapat memeriksa 200-300 sampel/hari/unit dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 1x24 jam. Pemeriksaan dengan metode swab PCR ini gratis sehingga pasien tidak akan dibebankan biaya apapun. Dalam kesempatan tersebut, tak henti-hentinya Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara menghimbau kepada warga di lingkungan tersebut mengurangi aktivitas di luar rumah dan tidak berkerumun di keramaian sehingga dapat memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.