HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KETUA DPRD-SU MENGHADIRI SOSIALISASI PERSIAPAN TATANAN NEW NORMAL KEPADA DUNIA USAHA/PENGUSAHA

Posted June 16, 2020
Written by user
Category Umum
KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENGHADIRI SOSIALISASI PERSIAPAN TATANAN NEW NORMAL KEPADA DUNIA USAHA / PENGUSAHA
 
 
Selasa, (16/06/2020), Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting menghadiri Sosialiasi persiapan tatanan New Normal kepada dunia usaha / pengusaha di Posko Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman No. 41 Medan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Forkopimda Sumut dan Perwakilan Pengelola Usaha dan Pedagang di Sumatera Utara.
 
Gubernur Sumatera Utara menyampaikan bahwa status tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat Virus Corona di Provinsi Sumatera Utara (SK Gubernur Sumatera Utara Nomor : 188.44/174/KPTS/2020) yang berakhir pada tanggal 29 Mei 2020. Dengan berakhirnya status tanggap darurat maka akan dilakukan transisi dengan skenario  kemungkinan pasca status tanggap darurat yaitu new normal, disorder dan survival. Pemerintah telah memutuskan untuk menerapkan sistem new normal, dimana Covid-19 merupakan bagian dari hidup kita, dikarenakan sampai sekarang belum ditemukan vaksin untuk menyembuhkan Covid-19. Maka kita akan menerapkan New Normal dengan saat ini produknya berada di Kabupaten/Kota untuk dilanjutkan ke DPRD Provinsi Sumatera Utara dan Forkopimda Sumut, dengan sistem New Normal yang berbeda di masing-masing daerah berdasarkan adat istiadat dan perlakuannya berbeda. Selanjutnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sedang menyiapkan ± 138.000 face shield untuk pedagang di pasar agar lebih safety dalam berdagang. Pelaku usaha sebaiknya menerapkan aturan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Diperlukan juga adanya refocussing Kabupaten/Kota untuk pengadaan alat kesehatan khususnya face shield dengan menerapkan UMKM.
 
Selanjutnya Pangdam I/BB mengatakan bahwa ada TNI/POLRI beserta gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 dan tim kesehatan Pemerintah Daerah untuk membantu pendisiplinan secara humanis kepada masyarakat agar adanya keseimbangan menuju New Normal. Berdasarkan beberapa laporan dilapangan bahwa Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang merupakan pintu masuk dan  keluar bagi masyarakat yang bepergian sehingga memerlukan pemeriksaan lebih ketat dan intens.
    
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara  mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sumatera Utara dan Forkopimda Sumut dalam penanganan Covid-19 di Sumatera Utara, selanjutnya dalam penerapan New Normal pasca berakhirnya status tanggap darurat di Sumatera Utara sebaiknya mengundang Pemerintah Daerah Bupati/Walikota, Kapolsek/Dandim dan Kejari masing-masing Kabupaten/Kota di Sumatera Utara untuk menerapkan sistem New Normal. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara menghimbau memakai masker, jaga jarak (social distancing) dan rajin mencuci tangan berupa spanduk-spanduk disetiap tempat umum dan strategis terkait sosialisasi dan edukasinya. 
    
Diakhir kegiatan Gubernur Sumatera Utara, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dan Forkopimda Sumut mengunjungi Sun Plaza Mall dan pusat perbelanjaan Brastagi Supermarket guna memastikan kesiapan protokol kesehatan menjelang New Normal.