HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPRD KABUPATEN LABUHAN BATU KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Posted June 22, 2020
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPRD KABUPATEN LABUHAN BATU KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
 
Senin (22/06/2020) Ketua Komisi C DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Ajie Karim didampingi Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Muhammad Subandi, ST dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Syahrul Efendi Siregar menerima kunjungan Pimpinan dan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Labuhan Batu di ruang rapat Badan Musyawarah Lantai I DPRD Provinsi Sumatera Utara.
   
Koordinator Komisi III DPRD Kabupaten Labuhan Batu H. Juraidah Harahap, A.Md menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan Pimpinan dan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Labuhan Batu terkait dengan fungsi pengawasan Legislatif terhadap Implementasi Perda Pajak dan Retribusi Daerah. Saat ini pajak retribusi Kabupaten Labuhan Batu hanya mencapai kisaran 54 % dari target yang ditetapkan, oleh karena itu Komisi III DPRD Kabupaten Labuhan Batu  ingin berkonsultasi bagaimana fungsi pengawasan yang dilakukan DPRD Provinsi Sumatera Utara agar potensi pajak bisa digali secara maksimal. Perlu diketahui bahwa pajak potensial di Kabupaten Labuhan Batu berasal dari sarang burung walet dengan jumlah sarang mencapai ribuan titik, namun saat ini Perda Pajak dan Retribusi sarang burung walet tersebut sudah dicabut oleh Kemendag padahal Perda tersebut dibentuk sudah sesuai dengan PP No 28.
   
Ketua Komisi C DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Ajie Karim mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Labuhan Batu ke DPRD Provinsi Sumatera Utara. Beliau menyampaikan bahwa Implementasi Perda Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan sangat baik, seperti diketahui PAD terbesar di Sumatera Utara berasal dari pajak kendaraan bermotor dengan mencapai kisaran surplus sebesar 105-107%, tetapi di tingkat Kabupaten sebaiknya DPRD Kabupaten Labuhan Batu harus rutin memberikan koordinasi dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) untuk mencapai target yang diinginkan agar selanjutnya diteruskan berkoordinasi dengan Kepala Desa sebagai ujung tombak.