HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

​TALKSHOW RADIO PARLEMEN MENYAPA KOMISI A DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA BERSAMA MNC TRIJAYA MEDAN

Posted June 23, 2020
Written by user
Category Umum
TALKSHOW RADIO “PARLEMEN MENYAPA” KOMISI A DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA BERSAMA
MNC TRIJAYA MEDAN 
 
 
Senin, (22/06) DPRD Provinsi Sumatera Utara mengadakan talkshow radio yang bekerja sama dengan MNC Trijaya Medan 95.1 FM dengan program “Parlemen Menyapa” di Ruang Rapat Komisi A. Sebagai narasumber dalam acara talkshow tersebut Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara Hendro Susanto.
 
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah pandemi Covid-19 menjadi sorotan masyarakat khususnya terkait dengan jaminan kesehatan penyelenggaraan, rendahnya partisipasi pemilih hingga besarnya anggaran pilkada itu sendiri. Hendro Susanto menyampaikan bahwa Pilkada serentak yang awalnya dijadwalkan pada tanggal 23 September 2020 ditunda pada bulan Desember 2020 akibat pandemi Covid 19 yang makin meluas di Indonesia sebagaimana tertuang dalam Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada. DPRD Provinsi Sumatera Utara khususnya Komisi A telah melakukan kajian dan pertimbangan apabila Pilkada dilakukan tahun depan maka akan mengganggu perlambatan pembangunan dan ritme kepemimpinan di Kab/Kota tersebut.

Hendro Susanto menambahkan bahwa anggaran terkait pelaksanaan Pilkada 2020 tidak terkena refocussing dan realokasi, itu artinya penyelenggaraan Pilkada dapat berjalan sesuai ketentuan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.
 
Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid 19 dikhawatirkan membuat partisipasi pemilih menurun, berdasarkan data KPU dan Bawaslu untuk Provinsi Sumatera Utara tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada sebelumnya mencapai 80%. Melihat fakta tersebut DPRD Provinsi Sumatera menghimbau adanya jalinan kerjasama antara Gubernur, DPRD, KPU, Bawaslu dan Kepala Daerah lainnya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

Terkait wacana Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajukan Sumut New Normal, DPRD Provinsi Sumatera beranggapan bahwa wacana tersebut terlalu terburu-buru karena Sumatera Utara masih berada di zona merah penyebaran Covid-19 dan sampai saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara belum memberlakukan sistem PSBB.