AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN PIMPINAN DAN ANGGOTA BADAN MUSYAWARAH DPRD KABUPATEN TAPANULI UTARA KE DPRD PROVSU

Posted July 28, 2020
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN PIMPINAN DAN ANGGOTA BADAN MUSYAWARAH DPRD KABUPATEN TAPANULI UTARA KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
 
 
Selasa, 28/07/2020 Pimpinan dan Anggota Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Tapanuli Utara melakukan Kunjungan Kerja ke DPRD Provinsi Sumatera Utara, kunjungan tersebut dipimpin oleh Ir. Poltak Pakpahan Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara beserta Anggota Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Tapanuli Utara dan diterima oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Rony Reynaldo Situmorang, Mayaruddin Salim Batubara beserta Staf Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara diruang Rapat Badan Anggaran DPRD Provinsi Sumatera Utara.
 
   

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kedatangan Pimpinan dan Anggota Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Tapanuli Utara yang telah berkunjung ke DPRD Provinsi Sumatera Utara.
 
   

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Poltak Pakpahan mengucapkan terimakasih kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani yang telah menyambut baik kedatangan Pimpinan dan Anggota Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Tapanuli Utara. Ir. Poltak Pakpahan menyampaikan maksud kedatangannya ke DPRD Provinsi Sumatera Utara melakukan koordinasi dan konsultasi  mengenai penetapan agenda DPRD, menentukan garis kebijakan yang menyangkut tugas dan wewenang DPRD dan memberikan kesempatan kepada alat kelengkapan DPRD yang lain mengenai pelaksanaan  tugas masing-masing DPRD di provinsi, kabupaten maupun kota.

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Poltak Pakpahan menanyakan beberapa pertanyaan di antaranya tugas dari Badan Musyawarah hal pernahkah dilakukan rapat Paripurna untuk mengubah agenda yang telah di putuskan oleh Badan Musyawarah, apakah banmus juga menetapkan agenda-agenda kerja lainya seperti rapat dengar pendapat oleh komisi bersama mitra kerja dan kunjungan kerja,
Apakah Banmus wajib berkonsultasi dengan Fraksi dalam pengambilan keputusan  dalam rapat badan musyawarah, apa tindakan yang di lakukan banmus tentang rapat Banmus yang tidak Quorum terkait pembahasan Ranperda.
 
   

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Rony Reynaldo Situmorang menjawab terkait Paripurna mengubah jadwal Banmus, pernah dilakukan. Paripurna sah untuk merubah jadwal di Banmus, seperti yang sudah di lakukan pada Rapat Paripurna pada hari selasa 28 Juli 2020 rapat Paripurna di tunda dan menjadwalkan kembali Rapat Paripurna, selanjutnya mengenai pertanyaan apakah banmus juga menetapkan agenda-agenda kerja lainya, ya Setiap minggu ke empat Banmus menjadwalkan semua jadwal yang ada di alat kelengkapan untuk bulan berikutnya. bila di butuhkan untuk merubah jadwal maka dilakukan perubahan jadwal. Hanya banmus yang diberikan kewenangan oleh Tatib dan PP 18 untuk mengusulkan kebijakan yang sifatnya strategis kepada pimpinan dewan. Terkait pertanyaan apakah Banmus wajib berkonsultasi dengan Fraksi dalam pengambilan keputusan dalam rapat badan musyawarah, Fraksi sangat berperan untuk mengarahkan anggota Fraksinya yang ada di Banmus, jika ada agenda-agenda Fraksi yang mesti di loloskan di Banmus. Sebelum masuk ke Banmus membiasakan diri untuk melaksanakan Rapat Pimpinan agar sinkron terlebih dahulu antar pimpinan Fraksi baru kemudian  masuk ke Banmus apalagi jika ada agenda-agenda yang sifatnya strategis sekali. Selanjutnya terkait tindakan rapat Banmus yang tidak Quorum, pimpinan rapat banmus akan menskors rapat terlebih dahulu maksimal 3 kali, bila kemudian tidak quorum juga biasanya akan di tawarkan pada forum apakah banmus tetap dilaksanakan atau tidak dengan alasan akan menyepakati jadwal kegiatan Dewan.