AYO MENYEMARAKKAN PERINGATAN HUT Ke - 75 KEMERDEKAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H
HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Rapat Kerja Komisi A DPRD-SU Terkait Pilkada Serentak 2020 di Wilayah Sumatera Utara

Posted July 13, 2020
Written by user
Category Umum
RAPAT KERJA KOMISI A DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
BERSAMA ASISTEN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN SETDAPROVSU, BIRO OTDA DAN KERJASAMA SETDAPROVSU, BADAN KESBANGPOL PROVINSI SUMATERA UTARA, DINAS KEPENDUDUKUN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA UTARA, KPU PROVINSI SUMATERA UTARA DAN BAWASLU PROVINSI SUMATERA UTARA

 
                Senin (13 Juli 2020). Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Rapat Kerja Bersama Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprovsu, Biro OTDA dan Kerjasama Setdaprovsu, Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera UTara, KPU Sumatera Utara dan Bawaslu Sumatera Utara di Ruang Rapat Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara. Rapat kerja ini di pimpin oleh Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (Hendro Susanto) dan didampingi oleh DR. Jonius TP. Hutabarat, S.Si, M.Si, Abdul Rahim Siregar, ST, MT, dan H. Rusdi Lubis, SH, MMA dengan agenda pembahasan terkait Pilkada serentak Pasca Pandemi Covid-19 di Wilayah Sumatera Utara. Rapat kerja ini dihadiri oleh Ketua KPU Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Sumatera Utara, perwakilan dari Disdukcapil, Biro Otda dan Kerjasama, serta Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara.
                Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara (Herdensi Adnin)  menjelaskan terkait perkembangan pelaksanaan Pilkada serentak di Wilayah Sumatera Utara yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Herdensi Adnin mengatakan bahwa KPU RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2020. Dimana dalam pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota mempedomani protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam pencegahan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) guna meminimalisasi penyebaran COVID-19 dengan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan bagi penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, masyarakat/pemilih dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam proses pelaksanaan tahapan pemilihan.
                Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Syafrida R Rasahan) selanjutnya memaparkan terkait kesiapan Pengawas Pemilihan dalam penyelenggaraan Pilkada Lanjutan 2020 di Masa Pandemi Covid-19. Syafrida R Rasahan mengatakan bahwa terdapat kerawanan pelaksanaan Pilkada 2020 di masa Covid-19, diantaranya:
  • Resiko tertular Virus Covid-19 bagi penyelenggara, peserta dan masyarakat,
  • Fasilitas dan Program Pemerintah dalam mengatasi kesulitan Masyarakat dimanfaatkan untuk Sosialisasi diri, khususnya bagi Petahana
  • Kondisi ekonomi masyarakat yang sulit di masa Pandemi Covid-19 membuka ruang tindakan politik uang
  • Keikutsertaan masyarakat dalam mengawasi dan menggunakan hak pilih menurun
Sehingga, selain menjalankan tugasnya sebagai Pengawas dalam penyelenggaraan Pilkada, di Masa Pandemi Covid-19 Bawaslu juga memiliki fungsi pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan yang telah ditetapkan serta mengawasi penggunaan fasilitas dan Program Pemerintah untuk kepentingan pribadi Petahana.
Selanjutnya, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (Hendro Susanto) menyampaikan kesimpulan dari Rapat Kerja ini. Berdasarkan Laporan KPU Provinsi Sumatera Utara, baru 7 Kabupaten/Kota yang telah menerima Anggaran Pilkada 100% dari 23 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada di Wilayah Sumatera Utara. Sehingga, Hendro Susanto meminta Biro Otda & Kerjasama Setdaprovsu agar menyampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara terkait Budgeting Pilkada yang masih belum dicairkan agar segera direalisasikan. Hendro Susanto juga meminta kepada Gubernur Sumatera Utara, KPU Provinsi Sumatera Utara dan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara agar lebih inovatif dalam menjalankan Pilkada Serentak 2020 di Masa Pandemi Covid-19. Hendro Susanto juga pernah menyampaikan pesan kepada Kepala Biro Umum dan Sekda Provinsi Sumatera Utara, agar melaksanakan setidaknya 2 (dua) kali konsolidasi dan koordinasi sebelum akhir Bulan Juli terkait persiapan Pilkada 2020 di Wilayah Sumatera Utara. Hendro Susanto kemudian meminta agar Bawaslu Provinsi Sumatera Utara  mensosialisasikan terkait pengawasan pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat, agar masyarakat bisa membantu Bawaslu dalam memberikan informasi dan bukti terhadap pelanggaran Pilkada.